Hubungan kepribadian siswa yang introvert dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam: penelitian pada siswa kelas VIII SMP Bakti Nusantara 666 Bandung

Alawiyah, Neng Tria Siti (2018) Hubungan kepribadian siswa yang introvert dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam: penelitian pada siswa kelas VIII SMP Bakti Nusantara 666 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya fakta kepribadian siswa dengan motivasi belajar mereka. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, dengan beragamnya kepribadian individu, hal tersebut berpengaruh terhadap kegiatan belajar. Berdasarkan pengamatan penulis, ada beberapa peserta didik yang memiliki kepribadian introvert. Anak-anak ini walaupun menunjukkan sifatnya yang introvert, namun ketika belajar mereka menunjukkan bahwa dirinya memiliki motivasi belajar yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas kepribadian siswa yang introvert; 2) Realitas motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; 3) Realitas hubungan kepribadian siswa yang introvert dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini didasarkan dari pemikiran bahwa motivasi siswa adalah sebagai suatu proses yang menentukan tingkatan kegiatan, intensitas, konsistensi serta arah umum dari tingkah laku manusia. Oleh sebab itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi tingkat kepribadian siswa yang introvert maka semakin tinggi motivasi mereka dalam mengikuti pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan. (1) Kepribadian introvert siswa (variabel X) diperoleh 3,78 nilai tersebut kualifikasi tinggi. (2) Motivasi belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama islam (variabel Y) diperoleh 3,84 nilai tersebut kualifikasi tinggi. (3) Realitas antara kepribadian introvert siswa hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama islam ditunjukkan oleh angka koefisien 0,31, termasuk korelasi rendah. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu th (1,78) < tt (2,042) dengan tarif signifikan 5% artinya hipotesis ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kepribadian introvert; motivasi belajar;
Subjects: Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Neng Tria Siti Alawiyah
Date Deposited: 26 Nov 2018 02:47
Last Modified: 26 Nov 2018 02:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16950

Actions (login required)

View Item View Item