Upaya meningkatkan berpikir kreatif anak usia dini melalui kegiatan finger painting: penelitian tindakan kelas pada pendidikan anak usia dini di kelas b1 RA Al Wafi Kec. Panyileukan Kota Bandung

Robiah A, Siti (2018) Upaya meningkatkan berpikir kreatif anak usia dini melalui kegiatan finger painting: penelitian tindakan kelas pada pendidikan anak usia dini di kelas b1 RA Al Wafi Kec. Panyileukan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Dunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan terdapat fenomena siswa yang masih rendah dalam aspek berpikir kreatif. Hal itu dapat dilihat masih banyak siswa yang belum lancar, anak belum mampu memadukan dan mencampurkan macam-macam warna, masih meniru hasil karya orang lain atau guru, dan belum mampu mengungkapkan perasaannya terhadap hasil karyanya. Hal tersebut terlihat ketika guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat suatu karya berupa menggambar bebas atau melukis dengan menggunakan macam-macam warna, dan sebagian siswa masih kesulitan dalam memahami setiap perintah yang ditugaskan guru dan siswa merasa kebingungan serta kesulitan ketika mengerjakan tugasnya sehingga siswa selalu bertanya-tanya kepada guru saat siswa akan mengerjakan tugas yang diberikan gurunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kemampuan berpikir kreatif anak sebelum melakukan kegiatan finger painting; 2) proses penerapan kegiatan finger painting dalam proses pembelajaran anak usia dini pada setiap siklus; dan 3) kemampuan berpikir kreatif anak usia dini setelah melakukan kegiatan finger painting pada seluruh siklus di kelas B1 RA Al Wafi Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa kegiatan finger painting dapat melatih imajinasi dan kreativitas anak. Adapun kemampuan berpikir kreatif dalam penelitian ini meliputi keluwesan, kelancaran, keaslian, keterperincian, dan kepekaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan campuran berupa tes performa, observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan hal yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif anak. Kemudian dilakukan analisis data, analisis pengamatan observasi, dan analisis tes performa kemampuan berpikir kreatif anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif anak usia dini. Hal ini terbukti berdasarkan analisis data, bahwa kemampuan berpikir kreatif sebelum menggunakan kegiatan finger painting, diperoleh nilai rata-rata sebesar 39,52 dengan kategori gagal. Aktivitas guru saat penerapan kegiatan finger painting dalam proses pembelajaran pada siklus I memperoleh 69,71% dengan kategori cukup. Sedangkan aktivitas guru pada siklus II memperoleh sebasar 97,22% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 79,41% dengan kategori cukup. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus II memperoleh sebesar 97,05% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I berdasarkan pada hasil perhitungan data bahwa kemampuan berpikir kreatif setelah diterapkan kegiatan finger painting diperoleh nilai rata-rata sebesar 47,28 dengan kategori gagal. Sedangkan hasil siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,56 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kreatif anak usia dini; finger painting;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: siti robiah a
Date Deposited: 26 Nov 2018 06:40
Last Modified: 26 Nov 2018 06:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16957

Actions (login required)

View Item View Item