Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap sistem kelompok tanggung renteng pada Bank Emok: studi kasus Bank Emok Desa Cipayung Kec. Cikarang Timur Bekasi

Rustandi, Rizqy (2018) Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap sistem kelompok tanggung renteng pada Bank Emok: studi kasus Bank Emok Desa Cipayung Kec. Cikarang Timur Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Islam memandang bahwa kesejahteraan sosial dan individu harus saling melengkapi, bukan untuk kompetitif (bersaing) dan berlomba untuk kebaikan diri sendiri, melainkan dorongan kerjasama dalam mengembangkan hubungan antar perorangan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan seseorang untuk memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, diantaranya adalah memberikan pinjaman atau hutang piutang, sedekah maupun dengan zakat, dimana di dalam pelaksanaanya telah diatur oleh hukum Islam. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pelaksanaan sistem kelompok tanggung renteng pada Bank Emok di Desa Cipayung Kec. Cikarang Timur Bekasi dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap sistem kelompok tanggung renteng pada Bank Emok tersebut. Pinjam-meminjam merupakan salah satu bentuk muamalah yang dikenal dan sudah dipraktikkan sejak zaman Rasulullah SAW, dan sampai sekarang pun masih dilakukan oleh masyarakat umum. Pada dasarnya hukum pinjam-meminjam bersifat fleksibel tergantung situasi dan kondisi. Pinjam-meminjam hukumnya sunah bila dalam keadaan normal, namun hukumnya juga haram jika meminjam untuk dipergunakan pada hal-hal yang dilarang oleh syar’i, atau ada indikasi riba dalam pinjam-meminjam tersebut. Pinjam meminjam dengan sistem kelompok tanggung renteng pada Bank Emok menurut Hukum Ekonomi Syariah yang berlandaskan dari al-Quran, al-Hadits dan kaidah fikih muamalah termasuk kedalam kafalah bi al-dayn. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah dengan metode studi kasus yang pada dasarnya bertujuan menggambarkan dan menginterpretasikan objek dengan apa adanya. jenis informasi yang di ambil adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan informasi berupa kumpulan informasi hasil observasi serta wawancara mengenai pelaksanaan sistem kelompok tanggung renteng pada Bank Emok lalu dikaitkan dengan analisis data kepustakaan mengenai tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap sistem kelompok tanggung renteng pada bank emok yang ada di Desa Cipayung Kec. Cikarang Timur Bekasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sistem kelompok tanggung renteng pada Bank Emok di Desa Cipayung Kec. Cikarang Timur Bekasi jika ditinjau dari aspek fikih muamalah pinjaman ini termasuk ke dalam al-kafalah bi al-dayn, yaitu menanggung hutang seseorang. Di dalam pelaksanaannya, pinjaman dana dengan pola pengembaliannya menggunakan sistem kelompok tanggung renteng pada Bank Emok ini dalam perjalanannya menimbulkan banyak masalah, baik itu konflik internal maupun eksternal. Praktek pinjaman ini juga tidak memerhatikan asas-asas yang ada didalam fikih muamalah yaitu asas ‘an-taradhin dan gharar. Selain itu pinjaman ini juga di dalam pengembaliannya mengandung bunga yang tinggi, sehingga anggota peminjam merasa kesulitan untuk membayarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Renteng; Bank Emok; Kafalah;
Subjects: Econmics
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Rizqy Rustandi almalik
Date Deposited: 29 Nov 2018 03:04
Last Modified: 29 Nov 2018 03:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17000

Actions (login required)

View Item View Item