Marketing public relations pendidikan Yayasan Al-Ma’soem: studi kasus iklan pada media marketing public relations dalam mempertahankan eksistensi pendidikan Yayasan Al- Ma’soem Jl. Cipacing No. 22 Jatinangor Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

Fauzi, Muhammad (2017) Marketing public relations pendidikan Yayasan Al-Ma’soem: studi kasus iklan pada media marketing public relations dalam mempertahankan eksistensi pendidikan Yayasan Al- Ma’soem Jl. Cipacing No. 22 Jatinangor Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)

Abstract

Media iklan sudah menjadi kebutuhan pokok dan menjadi pilihan utama dalam promosi yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau lembaga. Iklan memiliki sifat informatif dan persuasif, artinya pesan terpaan iklan yaitu berupa sejumlah informasi untuk mempengaruhi dan menarik perhatian publik akan terpaan iklan yang ditampilkan. Peranan media dan iklan menjadi komponen yang sangat utuh, media sebagai alat atau sarana menjadikan proses periklanan menjadi efektif dan efesien untuk dilakukan. Salah satu tujuan dari media iklan adalah untuk mempertahankan eksistensi suatu perusahaan atau lembaga terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan pengelolaan media iklan Pendidikan Yayasan Al-Ma’soem sebagai alat dalam mempertahankan eksistensi sekolah tersebut. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses media iklan mulai dari tahap awal sampai dengan tahap akhir yang dilakukan, yaitu meliputi perencaanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan dengan tujuan sebagai alat mempertahankan eksistensi sekolah Pendidikan Yayasan Al-Ma’soem. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan konsep Thomas L Harris yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sebagai acuan penelitian. Kedua dengan menggunakan konsep Pull Strategy (stretegi daya tarik) yang dikembangkan dalam proses pelaksanaan yang dilakukan periklanan melalui media. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa media iklan dalam mempertahankan eksistensi sekolah pendidikan Yayasan Al-Ma-so’em melalui beberapa tahap. Pertama yaitu perencanaan yang meliputi analisis pertimbangan, spesifikasi tujuan dan penentuan jadwal penayangan media iklan. Kedua pelaksanaan yang meliputi pengemasan media cetak (spanduk, billboard, majalah & koran), media online ( website & instagram) dan media elektronik (televisi) mulai dari penentuan konsep dan proses strategi pengemasan isi pesan dan eksekusi iklan sebagai daya tarik sekolah tersebut dan penentuan pihak pelaksana sebagai pihak dalam membantunya proses penayangan media iklan. Ketiga evaluasi yang meliputi tolak ukur keberhasilan efektifitas media iklan dan antisipasi yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Iklan; Media; Eksistensi;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
General Management > Data Processing and Analysis of Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 29 Nov 2018 03:26
Last Modified: 29 Nov 2018 03:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17027

Actions (login required)

View Item View Item