Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran course review horay hubungannya dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih: penelitian di kelas VIII MTs GUPPI Cileuksa Kab. Sumedang

Nur'aini, Fitry (2017) Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran course review horay hubungannya dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih: penelitian di kelas VIII MTs GUPPI Cileuksa Kab. Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas VIII MTs GUPPI Cileuksa, yang dilakukan dengan mewawancarai guru Mata Pelajaran Fiqih, diketahui bahwa minat belajar siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih di sekolah terlihat masih kurang. Hal ini diketahui dengan adanya beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru ketika belajar. Ada yang mengantuk, ngobrol dengan teman sebangkunya bahkan ada yang sering izin ke luar kelas. Adapun usaha guru khususnya dalam menerapkan model Course Review Horay sudah disampaikan dengan baik. Hal ini nampak melalui kesungguhan siswa untuk terlibat dalam proses belajar, antara lain keikutsertaan siswa mengerjakan tugas dan mengungkapkan pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Course Review Horay, realitas minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih serta hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Course Review Horay dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas VIII MTs GUPPI Cileuksa. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa minat belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya dengan penerapan model pembelajaran. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran CRH dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penyebaran angket kepada 50 siswa kelas VIII MTs GUPPI Cileuksa sebagai sampel dari populasi sejumlah 53 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) realitas tanggapan siswa kelas VIII MTs GUPPI Cilkeuksa terhadap model pembelajaran Course Review Horay diperoleh nilai rata-rata jawaban mencapai nilai 3,26. Angka tersebut dapat diinterpretasikan cukup karena berada pada interval 2,6-3,5. Hal ini berarti tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Course Review Horay dinilai sedang atau tidak berlebihan dalam menanggapi, (2) realitas minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTs GUPPI Cileuksa termasuk kategori cukup. Hal ini ditunjukan oleh nilai rata-rata jawaban mencapai nilai 3,21. Angka tersebut termasuk pada kategori cukup karena berada pada interval 2,6-3,5, (3) dan realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Course Review Horay dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih adalah koefisien korelasi sebesar 0,66. Harga koefisien korelasi tersebut termasuk ke dalam kategori cukup karena berada pada skala korelasi 0,40-0,70.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay; Fiqih; Model Pembelajaran;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 29 Nov 2018 03:24
Last Modified: 29 Nov 2018 03:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17038

Actions (login required)

View Item View Item