Pemberdayaan remaja melalui Program Akademi Berdaya: studi deskriptif di Yayasan Berdaya Kreatif Kabupaten Garut

Al Afgani, Jamaludin (2018) Pemberdayaan remaja melalui Program Akademi Berdaya: studi deskriptif di Yayasan Berdaya Kreatif Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan remaja melalui program akademi berdaya merupakan salah satu kegiatan di Yayasan Berdaya Kreatif dengan basis pemberdayaan dibidang pendidikan dan praktik, menekankan pendidikan pada remaja yatim dhuafa, yang kemudian dibina dan dilatih untuk bisa berakhlaq baik, berketerampilan dan mandiri dalam berbagai hal untuk menjadi manusia yang unggul dan bermanfaat serta mampu bersaing di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode dalam pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan objek nya yakni remaja, serta proses dan program yang bermanfaat bagi pemberdayaan remaja yang dilakukan oleh Yayasan Berdaya Kreatif melalui program akademi berdaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan atau pengembangan Sanders yang menyebutkan pemberdayaan sebagai proses, metode, program dan gerakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif yang menggambarka dan menjelaskan fakta-fakta di lapangan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian diperoleh bahwa pertama, proses pemberdayaan remaja yang dilakukan oleh Yayasan Berdaya Kreatif melalui program akademi berdaya dengan mengajak masyarakat untuk menjadi relawan dan kakak asuh kemudian mencari dan memberikan pemahaman tentang teori yang relevan dengan keingin remaja, yang sasarannya adalah remaja yatim dhuafa. Kedua, metode pemberdayaan pendidikan dan praktik yang sesuai dengan kurikulum berakhlaq, berketerampilan dan kemandirian, serta program yang mendukung seperti akademi berdaya Ramadhan, akademi berdaya keterampilan dan akademi berdaya pesantren internet marketing. Dan ketiga, gerakan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas lembaga dengan memberi pelatihan pada relawan dan kakak asuh serta pengurus untuk ingat tentang memberdayakan dan ikhlas dalam memberdayakan, sehingga bisa mewujudkan keinginan untuk ikut mengadakan pemberdayaan di lingkungan sendiri serta membuat kerjasama yang mendorong keberhasilan kegiatan pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Remaja
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Communities > Community Sociology
Education > Miscellany of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Jamaludin Jamaludin Al Afgani
Date Deposited: 29 Nov 2018 03:50
Last Modified: 29 Nov 2018 03:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17051

Actions (login required)

View Item View Item