Pengaruh keberadaan tata tertib Fakultas terhadap pembentukan karakter mahasiswa: penelitian pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN SGD angkatan 2015

Lutfiansyah, Muhammad (2018) Pengaruh keberadaan tata tertib Fakultas terhadap pembentukan karakter mahasiswa: penelitian pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN SGD angkatan 2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatarbelakang dari keberadaan tata tertib yang berlaku di lingkungan FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tata tertib ada untuk dipatuhi oleh orang yang berada di lingkungan tersebut. Dalam fakultas keberadaan tata tertib belum 100% dapat dipatuhi oleh mahasiswa, masih terdapat beberapa mahasiswa yang melanggar. Sosialisasi sudah dilakukan secara lisan maupun tulisan. Adanya tata tertib ini dimaksudkan agar terciptanya keteraturan, dan salah satu tujuan dari FISIP yaitu menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan berkarakter. Sehingga penelitian ini membahas bagaimana pengaruh antara keberadaan tata tertib fakultas terhadap pembentukan karakter mahasiswa, dengan objek penelitian yaitu mahasiswa FISIP angkatan 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sosialisasi tata tertib, dan kepatuhan mahasiswa FISIP angkatan 2015 terhadap tata tertib. Kemudian dianalisis apakah terdapat pengaruh antara keberadaan tata tertib fakultas terhadap pembentukan karakter mahasiswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori dari Talcott Parsons yaitu struktural fungsional dan paradigma perilaku sosial dari BF.Skinner. Dalam pelaksanaan tata tertib diperlukan adanya konsep adaptation, goal attaintment, integration, latency. Kemudian dalam paradigma perilaku sosial dari BF Skinner bahwa manusia tidak memiliki kebebasan dalam berperilaku. Dalam hal ini, mahasiswa tidak memiliki kebebasan tingkah laku selama berada di lingkungan fakultas. Jadi tingkah laku mahasiswa itu dipengaruhi atau ditentukan oleh sesuatu dari luar dirinya yang salah satunya adalah tata tertib fakultas. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method (metode campuran) yang merupakan gabungan antara metode kuantitatif yang didukung dengan analisis dari metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari lapangan baik dari hasil observasi, menyebar angket/kuesioner, dan juga wawancara dengan beberapa informan terkait. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh antara keberadaan tata tertib fakultas terhadap pembentukan karakter pada mahasiswa FISIP angkatan 2015. Dari hasil analisis data, terdapat pengaruh yang signifikan dengan interpretasi sedang yaitu sebesar 0.500 dan presentase sebesar 25% pengaruh yang ditimbulkan tata tertib fakultas terhadap pembentukan karakter mahasiswa. Kemudian sosialisasi dilakukan secara lisan maupun tulisan, dengan tingkat kepatuhan dari mahasiswa yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tata Tertib Fakultas; Sanksi; Perubahan Perilaku; Pembentukan Karakter;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Social Process > Coordination and Control
Social Process > Social Control
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Lutfiansyah
Date Deposited: 04 Dec 2018 02:39
Last Modified: 04 Dec 2018 02:39
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17052

Actions (login required)

View Item View Item