Model dakwah di Instansi TNI AU: studi deskriptif tentang ragam kegiatan khithobah di Lanud Wiriadinata Tasikmalaya Periode 2017-2018

Putri, Nur hamidah Garini (2018) Model dakwah di Instansi TNI AU: studi deskriptif tentang ragam kegiatan khithobah di Lanud Wiriadinata Tasikmalaya Periode 2017-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia, kegiatan dakwah banyak dilakukan melalui berbagai potensi baik formal maupun non formal, seperti instansi-instansi dakwah Islam, organisasiorganisasi remaja masjid, kelompok-kelompok pengkajian Islam dan yayasanyayasan Islam. Dakwah tersebut dilakukan untuk memberikan bimbingan, tuntunan dan pengajaran agama Islam kepada masyarakat. Melakukan kegiatan dakwah di instansi keislaman seperti masjid atau madrasah adalah hal yang biasa terjadi. Lain halnya dengan instansi umum seperti perkantoran atau perusahaan kegiatan dakwah dapat dilaksanakan namun tidak sesering di masjid atau madrasah. Salah satu instansi umum yang melakukan kegiatan dakwah adalah di TNI AU Wiriadinata Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui model kegiatan dakwah dengan ragam kegiatan khithobah yang bisa dijadikan contoh oleh instansi lain yang ada di Indonesia khususnya instansi TNI AU. Fokus penelitian ini adalah bagaimana proses, bentuk dan faktor pendukung kegiatan khithobah di Lanud Wiriadinata. Pemikiran ini didasarkan pada teori-teori yang membahas tentang model kegiatan dakwah di instansi TNI AU yang dirujuk dari teori Model Aristoteles dan seputar ragam kegiatan khithobah dari mulai proses hingga bentuknya. Teori tersebut diambil dari beberapa buku dakwah dan komunikasi. Untuk membahas persoalan tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan untuk memaparkan dan menceritakan fakta-fakta yang terjadi pada kegiatan khithobah di Lanud Wiriadinata. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui tahap observasi dan wawancara. Informan yang dicari atau diajak wawancaranya adalah yang bersangkutan dengan penelitian di Lanud Wiriadinata. Sedangkan teknik keabsahan datanya, peneliti melakukan pengamatan dengan tekun. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa model kegiatan dakwah yang dilakukan di Lanud Wiriadinata membahas tentang ragam kegiatan khithobah. Proses kegiatannya dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Sedangkan bentuk dakwah yang digunakan adalah dengan cara Irsyad Islam (pembinaan) yang penyampaian pesannya melalui Tabligh Khithobah. Faktor yang menjadi pendukung kegiatan tersebut secara internal dari personel Lanud Wiriadinata dan secara eksternal dari seluruh masyarakat yang ada di lingkungan sekitar Lanud Wiriadinata Tasikmalaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Dakwah; Khithobah; TNI AU;
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: garini putri garini putri
Date Deposited: 29 Nov 2018 06:50
Last Modified: 29 Nov 2018 06:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17056

Actions (login required)

View Item View Item