Fungsi sosial guru dalam mendidik anak berkebutuhan khusus: kasus pada anak autis di Yayasan Hasana Mekar Rahmah Kelurahan Sadang Serang Kecamatan Coblong Kota Bandung

Mulyani, Delina (2018) Fungsi sosial guru dalam mendidik anak berkebutuhan khusus: kasus pada anak autis di Yayasan Hasana Mekar Rahmah Kelurahan Sadang Serang Kecamatan Coblong Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy

Abstract

Anak autis merupakan gangguan pervasive yang mencakup gangguan-gangguan dalam komuikasi verbal dan non-verbal, interaksi sosial, perilaku emosi, sehingga dengan adanya gejala-gejala tersebut anak autis mempunyai kecenderungan sulit untuk berinteraksi dengan orang lain. Sedangkan dalam hidup bermasyarakat sangat membutuhkan adanya hubungan timbal balik antara individu dengan individu lainnya. Tujuan penenitian ini yaitu untuk melihat bagaimana cara anak autis berinteraksi dengan antar anak dan guru, serta apa saja dan bagaimana fungsi sosial guru dalam mendidik anak autis. Subjek penelitian ini adalah anak autis di Yayasan Hasanah Mekar Rahmah. Penelitian ini menggunakan Teori Fungsionalisme Struktural dari Talcott Parson, yaitu salah satu paham atau prespektif di dalam sosiologi yang memandang masyarakat sebagai satu sistem yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan satu sama lain dan bagian yang satu tidak dapat berfungsi tanpa adanya hubungan dengan bagian yang lainya. Ada empat persyaratan mutlak yang harus ada supaya termasuk masyarakat bisa berfungsi. Keempat persyaratan itu disebutnya AGIL. AGIL adalah singkatan dari Adaptation, Goal Attaitment, Integration, dan Latency. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data primer di peroleh dari lapangan, baik dari hasil observasi maupun wawancara dengan informan yang diambil dari pihak-pihak terkait, 5 orang guru di Yayasan Hasanah Mekar yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan guru pendamping. Adapun sumber data sekunder diambil dari buku-buku, surat kabar, dan jurnal yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak autis berinteraksi dengan temannya menggunakan komunikasi non-verbal, yaitu dengan cara mencolek-colek pudak temannya, memukul, menangis, mengamuk, melambaikan tangan dan mengangguk. Sedangkan cara guru dalam membentuk interaksi sosial dengan anak autis terdapat pada beberapa fungsi komunikasi, yaitu memerintah, menanyakan, menyatakan, menolak, mengajak dan menyetujui Terdapat dua fungsi sosial guru di Yayasan Hasanah Mekar Rahmah, yaitu: (1) guru sebagai pendidik dan pembimbing, dan (2) guru sebagai motivator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Anak Autis; Fungsi Sosial Guru;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Delina Mulyani
Date Deposited: 05 Dec 2018 06:13
Last Modified: 05 Dec 2018 06:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17075

Actions (login required)

View Item View Item