Penerapan terapi spiritual pada penderita skizofrenia: studi kasus di Puri Peristirahatan dan Pemulihan Prima Harapan Cileunyi Kabupaten Bandung

Aisah, Siti (2018) Penerapan terapi spiritual pada penderita skizofrenia: studi kasus di Puri Peristirahatan dan Pemulihan Prima Harapan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Globalisasi dan modernisasi telah memberikan berbagai kemudahan bagi kehidupan manusia. Manusia menjadi terlena dengan berbagai kemudahan yang dihasilkan oleh kecanggihan teknologi tersebut. Mereka lupa kepada Sang Pemberi Kemudahan yang sesungguhnya, yaitu Allah Swt. Maka hal ini menyebabkan semakin terkikisnya sisi spiritual manusia. Minimnya spiritualitas yang dimiliki masyarakat zaman sekarang ini membuat mereka semakin tidak mampu dalam menghadapi tantangan kehidupan di zaman modern ini. Sehingga mereka mudah terkena stres dan depresi yang dapat memicu gangguan kejiwaan. Pada penelitian ini, penulis berusaha untuk mengungkap sebuah cara menangani salah satu gangguan kejiwaan yaitu skizofrenia melalui pendekatan terapi spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan terapi spiritual pada penderita skizofrenia yang dilakukan di Puri Peristirahatan dan Pemulihan Prima Harapan dan untuk mengetahui dampak terapi spiritual yang diterapkan pada penderita skizofrenia di tempat tersebut. Jenis penelitian ini adalah peneltian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi spiritual pada penderita skizofrenia yang diterapkan di Puri Peristirahatan dan Pemulihan Prima Harapan tidak lepas dari prinsip yang ada dalam Alquran dan Sunah, diantaranya melalui salat berjamaah, zikir (wirid), ngaji bersama, mengkaji makna Alquran, tausiyah keagamaan, dan terapi air doa. dengan spiritualitas seseorang dapat mencapai pada pemaknaan dirinya, lebih bijaksana, dan memahami/menyadari apapun kondisinya saat ini. Pelaksanaan terapi tersebut dilaksanakan tiga kali dalam seminggu yang dipimpin oleh seorang terapis atau pembimbing. Terapi spiritual menyentuh sisi rohaniyah manusia sehingga terapi tersebut memberikan dampak bagi kemajuan pasien. Diantara dampaknya adalah pasien menjadi lebih tenang, bisa mengikuti kegiatan dengan baik, komunikasi lancar, memiliki kesadaran diri (self awareness), dan yang terakhir stress dan halusinasi berkurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Terapi Spiritual; Skizofrenia; Gangguan;
Subjects: Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Aisye Sitiaisyah Heryadi
Date Deposited: 03 Dec 2018 06:46
Last Modified: 03 Dec 2018 06:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17079

Actions (login required)

View Item View Item