Penerapan pembelajaran case-based-reasoning (CBR) untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep minyak bumi: penelitian kelas terhadap siswa kelas X SMA Darul Fatwa Sumedang

Rahmania, Nadiya Nur (2017) Penerapan pembelajaran case-based-reasoning (CBR) untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep minyak bumi: penelitian kelas terhadap siswa kelas X SMA Darul Fatwa Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I NADIYA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II NADIYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III NADIYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV NADIYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V NADIYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman materi yang dipelajari dengan mengevaluasi secara kritis argumen pada buku teks, jurnal, serta teman diskusi, namun pembelajaran kimia di sekolah belum secara terencana dilakukan untuk mengembangkan berpikir kritis dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran CBR. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran CBR, menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa pada setiap tahap dan menganalisis pencapaian keterampilan berpikir kritis setelah penggunaan pembelajaran CBR. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Darul Fatwa sebanyak 34 orang. Perolehan data kuantitatif diolah secara statistik dan perolehan data kualitatif diolah secara deskriptif. Penerapan pembelajaran CBR secara umum terlaksana dengan baik, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata aktivitas kelompok belajar siswa sebesar 98; keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan kelompok belajar mencapai kategori baik sekali, dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 87. Nilai baik sekali diperoleh kelompok belajar siswa untuk setiap tahap pembelajaran CBR; dan pencapaian keterampilan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran CBR termasuk dalam kategori baik sekali dengan perolehan nilai rata-rata siswa sebesar 82. Implikasi dari penelitian ini yaitu siswa tidak hanya mengingat, melainkan melakukan kegiatan yang dapat membangun pengetahuan konsep melalui pemikiran kritis dalam pemecahan masalah kasus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Case-Based-Reasoning (CBR); Keterampilan Berpikir Kritis; Minyak Bumi;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 04 Dec 2018 01:41
Last Modified: 04 Dec 2018 01:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17084

Actions (login required)

View Item View Item