Hubungan wasiat wajibah dengan formulasi ahli waris pengganti dalam KHI dan implikasinya terhadap penyelesaian waris di Kec. Cimanggu Kab. Pandeglang, Prov. Banten

Hidayat, Deden (2014) Hubungan wasiat wajibah dengan formulasi ahli waris pengganti dalam KHI dan implikasinya terhadap penyelesaian waris di Kec. Cimanggu Kab. Pandeglang, Prov. Banten. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)

Abstract

Secara garis besar antara waris pengganti (penggantian kedudukan) dalam pasal 185 KHI dengan wasiat wajibah (dikususkan wasiat wajibah di Mesir dalam UU No 71 tahun 1946) adalah sama yang berhak menerimanya adalah cucu yang terhalang mendapatkan harta peninggalan diakibatkan orang tuanya meninggal mendahului atau bersamaan dengan pewaris. Dalam masyarakat Kec. Cimanggu Kab. Pandeglang Prov. Banten masalah ahli waris pengganti atau penggantian ahli waris ini sering terjadi dan sudah menjadi tradisi atau urf yang berkembang, hal tersebut di pandang baik untuk menjaga tali silaturahmi diantara keluarga pewaris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang melatarbelakangi terjadinya hubungan wasiat wajibah dengan formulasi ahli waris penggati dan bagaimana hubungan wasiat wajibah tersebut dengan formulasi ahli waris pengganti dalam KHI, serta bagaimana Implikasi ahli waris pengganti dalam KHI dalam penyelesaian waris di Kec. Cimanggu Kab. Pandeglang Prov. Banten. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa sumber hukum Islam pada dasarnya terdiri atas dua macam yaitu Nash dan Ra’y, sumber hukum Nash adalah al-Qur’an dan al-Hadist, sedangkan hukum Islam yang tergolong dalam Ra’y adalah hasil Ijtihad dengan menggunakan pendekatan atau metode, seperti: qiyas, ijma, istihsan, istishlah, urf, dan sebagainya. Ditetapkannya peraturan-peraturan hukum tersebut, bertujuan untuk mewujudkan kemaslahatan masyarakat, menolak madharat dan kerusakan serta mewujudkan sebuah keadilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yaitu suatu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan subyek atau obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak dengan menggunakan pola penafsiran konten analisis (analisis isi). Pengumpilan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik studi kepustakaan dan wawancara. Ahli waris pengganti dalam KHI tidak mengikuti pendekatan berbelit melalui bentuk wasiat wajibah dalam UU No. 71 tahun 1946, pelembagaan ahli waris pengganti dalam KHI melalui pendekatan kompromistis anatara hukum Islam dengan hukum Adat atau nilai-nilai hukum Eropa. Hubungan wasiat wajibah dengan formulasi ahli waris pengganti dapat dilihat dari istinbat al-hukmi antara dua konsep ini urf, maslahah mursalah dan istihsan. Implikasi ahli waris pengganti dalam KHI terhadap penyelesaian waris di Kec. Cimanggu, Kab. Pandeglang, Prov. Banten sebagai pengukuh atau penguat adat yang berkembang di masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: wasiat wajibah;formulasi; ahli waris pengganti;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Ahli Waris
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ahwal al-Syakhshiyah
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:13
Last Modified: 04 Dec 2018 03:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17134

Actions (login required)

View Item View Item