Organisasi komunitas dan kompetensi jurnalistik mahasiswa: Studi kasus pada komunitas Bandung OKETV pada jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN SGD Bandung

Abdillah, Siti Hanifah (2018) Organisasi komunitas dan kompetensi jurnalistik mahasiswa: Studi kasus pada komunitas Bandung OKETV pada jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN SGD Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_Daftar Isi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan media massa beberapa tahun terakhir ini sangatlah cepat. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai media massa, baik media cetak maupun media elektronik. Salah satunya adalah media elektronik televisi. Seiring dengan semakin banyak bermunculan media televisi di Indonesia (televisi nasional), maka pada setiap daerah (hampir di setiap kota) bahkan memiliki televisi lokal, kemudian semakin maju, kini komunitas televisi juga sudah dapat dijumpai disetiap daerah atau disetiap sekolah dan perguruan tinggi. Salah satunya adalah Komunitas Bandung OKETV yang berada dibawah naungan jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Bandung. Komunitas televisi ini hadir sebagai penyaluran aspirasi komunitas televisi kampus, sebagai informasi pendidikan, sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa dan sebagai sarana peningkatan kompetensi jurnalistik mahasiswa, khususnya pada bidang televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah komunitas televisi memiliki pengaruh yang besar terhadap kompetensi jurnalistik mahasiswa. Secara lebih rinci, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alas an mahasiswa memilih menjadi bagian dari komunitas Bandung OKETV, kohesivitas yang terjadi didalam komunitas Bandung OKETV dan kompleksitas komunitas Bandung OKETV terhadap kompetensi jurnalistik mahasiswa. Penelitian ini didasarkan pada asumsi dari teori pemikiran kelompok atau (Groupthink). Asumsi teori groupthink ini berdasar pada tiga point, yaitu bahwa kelompok memiliki karakteristik kohesivitas, kedua menyatakan bahwa pemecahan masalah yang terjadi dalam kelompok merupakan kegiatan yang selalu ada dalam setiap kelompok, terakhir adanya kompleksitas dalam suatu kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak alas an yang menjadi acuan mahasiswa dalam ikut serta untuk menjadi bagian dari komunitas Bandung OKETV diantaranya adalah, komunitas televisi merupakan satu-satunya komunitas yang ada di UIN SGD Bandung dan fokus pada jurnalistik televisi, bersifat independen, produktif serta memiliki keunggulan tersendiri. Selain itu, kohesivitas yang terjadi pada komunitas ini beragam, mulai dari kebersamaa dan kekompakan yang tinggi, serta pengambilan keputusan harus didasarkan pada sebuah keputusan bersama atau musyawarah dan kompleksitas pada komunitas Bandung OKETV berpengaruh kepada kompetensi jurnalistik mulai dari adanya hambatan dan kendala, sifat emosional, dan ketidaknyamanan akibat konflik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Televisi; Televisi Komunitas; Bandung OKETV; Groupthink
Subjects: Relationship of Libraries > Relationship with the Community
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Siti Hanifah Abdillah
Date Deposited: 05 Dec 2018 07:19
Last Modified: 18 Apr 2019 03:16
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17136

Actions (login required)

View Item View Item