Upaya pemberdayaan kelompok tani dalam meningkatkan ekonomi masyarakat: study deskriptif kelompok tani Cisaat Kabupaten Sukabumi

Azmi, Muhammad Ilham Fikri (2018) Upaya pemberdayaan kelompok tani dalam meningkatkan ekonomi masyarakat: study deskriptif kelompok tani Cisaat Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan Masyarakat memiliki potensi besar dalam meningkatkan sumber daya manusia. Pemberdayaan sumber daya manusia merupakan kunci yang strategis, karena sumber daya manusia menunjukan daya yang bersumber dari manusia yang akan memberi daya terhadap sumber sumber lainnya. Kondisi masyarakat tersebut dihasilkan dari bagus atau tidaknya pengelolaan sumber dayanya terutama dalam sumber daya ekonomi, agar menghasilkan kebutuhan ekonomi kelompok tani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pemberdayaan kelompok tani, proses pelaksanaan, dan hasil pemberdayaan masyarakat oleh kelompok tani cisaat dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Landasan teoritis yang digunakan adalah teori Pemberdayaan menurut Mardikanto pemberdayaan masyarakat diartikan sebagai upaya untuk memberikan kesempatan dan kemampuan kepada masyarakat (miskin) untuk mampu dan berani bersuara (voice) serta kemampuan dan keberanian untuk memilih (choice) alternative perbaikan kehidupan yang baik. Pemberdayaan dapat diartikan sebagai proses terencana guna meningkatkan skala/upgrade utilitas dari objek yang diberdayakan. Teori pemberdayaan disini dikaitkan dengan teori pemberdayaan pembelajaran kelompok tani. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Pemberdayaan Masyarakat. Proses pelaksanaan meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan pendampingan, monitoring dan evaluasi, serta tindak lanjut. Dengan demikian penelitian menunjukan bahwa program pemberdayaan kelompok tani diantaranya melalui program pelatihan pertanian dan pembangunan jaringan irigasi, proses pelaksanaan dalam penguatan sumber daya kelompok tani cisaat dan melalui pelatihan pertanian yang meliputi perencaan, pendampingan, monitoring, evaluasi, hasil pemberdayaan meningkatkan wawasan bertani dan memiliki keahlian mengelola pertanian. Secara umum bisa disimpulkan bahwa pemberdayaan masyarakat oleh kelompok tani Cisaat melalui program pelatihan pertanian terbantu dan memberikan positif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan masyarakat; kelompok tani; ekonomi masyarakat;
Subjects: Econmics > Economic Geography by Specific Localities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: muhamad ilham fikri azmi
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:28
Last Modified: 11 Dec 2018 06:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17153

Actions (login required)

View Item View Item