Pengaruh status sosial ekonomi orang tua mahasiswa terhadap perilaku belajar mahasiswa sosiologi: Studi kasus Mahasiswa program studi sosiologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tahun angkatan 2015

Novira, Fristha (2018) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua mahasiswa terhadap perilaku belajar mahasiswa sosiologi: Studi kasus Mahasiswa program studi sosiologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tahun angkatan 2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula dari keberagaman status sosial ekonomi dari orang tua mahasiswa yang menimbulkan adanya perbedaan perilaku belajar dari anak-anaknya yang berada pada jenjang perguruan tinggi yakni, mahasiswa. Perilaku belajar salah satunya dipengaruhi oleh pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana sebagai fasilitas penunjang selama proses belajar dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku belajar mahasiswa sosiologi tahun angkatan 2015 di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini mengunakan teori dari George Homans yang menjelaskan mengenai pertukaran mikro. Teori yang menekankan adanya cost dan reward dalam setiap interaksi yang dilakukan oleh stiap individu. Teori yang sangat berkaitan dengan dunia psikologi ini mendasarkan teorinya pada beberapa proposisi yang menerangkan bagaimana seorang individu atau bahkan dua individu saling berinteraksi berdasarkan prinsip psikologis. Proposisi tersebut adalah: (1) proposisi sukses, (2) proposisi pendorong, (3) proposisi nilai, (4) proposisi deprivasi-kejemuan dan (5) proposisi persetujuan-agresi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kombinasi dengan model sequential explanatory design, yaitu menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran angket dan wawancara. Dengan pengumpulan data berupa angket disebar kepada 68 responden, dan wawancara yang dilaku kan kepada 7 narasumber. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa status sosial ekonomi orangtua mahasiswa sosiologi tahun angkatan 2015 mempunyai sifat terbuka atau open social stratification dan mendasarkan pengukurannya pada ukuran kekayaan. Perilaku belajar mahasiswa dipengaruhi oleh faktor internal yakni kemauan diri sendiri yang tumbuh secara naluri melalui beberapa cara, salah satunya adalah dengan pemberian penghargaan atau reward. Berdasarkan hasil perhitungan presentase pengaruh dari status sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku belajar mahasiswa hanya sebesar 2.7% sedangkan sisanya 97.3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Sehingga tidak ada pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi terhadap perilaku belajar mahasiswa program studi sosiologi tahun angkatan 2015 di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: status sosial ekonomi; perilaku belajar; mix methods; sequential explanatory design
Subjects: Social Groups > Social Classes
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fristha Novira
Date Deposited: 06 Dec 2018 08:12
Last Modified: 06 Dec 2018 08:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17192

Actions (login required)

View Item View Item