Perilaku imitasi budaya Korean Wave pada mahasiswa: penelitian di mahasiswa FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Sosiologi Angkatan 2014-2017

Salsabila, Nisrina (2018) Perilaku imitasi budaya Korean Wave pada mahasiswa: penelitian di mahasiswa FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Sosiologi Angkatan 2014-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peningkatan kepopuleran Korean Wave yang ditandai dengan banyaknya berbagai produk industri media Korea yang banyak menarik perhatian masyarakat. Di Indonesia sendiri budaya Korean Wave bermula pada awal tahun 2000-an yaitu dengan ditayangkannya drama Korea di televisi Indonesia. Tidak lama kemudian Korean Wave kembali menggemparkan masyarakat dengan hadirnya girls band atau boys band yang dikemas secara menarik. Dari kegemarannya terhadap Korean Wave menimbulkan perilaku imitasi bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Perilaku imitasi budaya Korean Wave dikangan mahasiswa jurusan Sosiologi; 2) Yang melatarbelakangi mahasiswa meniru budaya Korean Wave, dan; 3) Kecenderungan Mahasiswa setelah meniru budaya Korean Wave. Teori yang dijelaskan dalam penelitian ini adalah teori Interaksi Sosial Gillin dan Gillin yang berdasarkan faktor pendorong Imitasi juga Teori Tindakan Sosial Max Weber. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset deskriptif dan menggunakan analisis, agar penelitian sesuai fakta dilapangan penelitian memanfaatkan landasan teori. Sumber data dari penelitian ini adalah data yang dihasilkan dari wawancara secara langsung dengan mahasiswa sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan kajian pustaka. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, setelah itu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Tempat penelitian yaitu jurusan Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Budaya Korea yang diciptakan sesuai dengan arah selera pasar dan dikemas nilai-nilai Asia yang dipasarkan dengan gaya modern yang budayanya masih bisa diterima oleh masyarakat Indonesia, sehingga banyak mahasiswa yang menggemari Korean Wave ini yang berusaha untuk mewujudkan rasa suka terhadap idolanya tersebut dengan melakukan berbagai tindakan yang dapat dikategorikan mengimitasi. Perilaku imitasi itu meniru dari kebiasaan melihat seseorang yang di senangi seperti mengikuti perilaku artis Korea. Mahasiswa dengan teman-temanya yang sama-sama menyukai Korean Wave saling berinteraksi mengenai budaya Korea, saling membicarakan informasi-informasi baru yang mereka dapat dan mempengaruhi satu sama lain, adanya hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi satu sama lain yang memungkinkan individu atau kelompok untuk berubah sesuai situasi dan kondisi yang ada pada dirinya atau diluar dirinya pada saat berinteraksi. Peniruan-peniruan ini tidak terlepas dari pemujaan terhadap tokoh yang diidolakan. Imitasi yang dilakukan mahasiswa ini dapat berimplikasi secara positif maupun negatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Imitasi; Korean Wave
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
History of Modern China > History of Korea
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nisrina Salsabila
Date Deposited: 06 Dec 2018 08:06
Last Modified: 06 Dec 2018 08:06
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17207

Actions (login required)

View Item View Item