Pesan dakwah dalam humor sufi: analisis isi pesan dakwah buku dari canda Nabi & sufi sampai kelucuan kita karya Mustofa Bisri

Ramdani, Lukman (2017) Pesan dakwah dalam humor sufi: analisis isi pesan dakwah buku dari canda Nabi & sufi sampai kelucuan kita karya Mustofa Bisri. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI..pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Abstract

Dakwah tidak hanya dilakukan melalui tatap muka (lisan), melainkan bisa dalam bentuk buku. Buku merupakan media dakwah yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah kepada pembaca. Diperlukan inovasi dan kreatifitas penulis dalam membuat buku yang menarik juga mempunyai pesan dakwah. Humor bisa menjadi jalan untuk menyampaikan pesan Islam agar lebih mudah diterima di setiap kalangan masyarakat. Di tengah zaman yang sangat menghimpit humor bisa dijadikan bahan bacaan yang ringan namun syarat akan pesan kebaikan. Salah satu buku humor yaitu Dari Canda Nabi & Sufi sampai kelucuan Kita. Buku karangan A. Mustofa Bisri ini menyajikan cerita humor namun bernafaskan ajaran Islam. Pesan yang disampaikan mudah untuk diterima karena disajikan dengan apik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kategori pesan dakwah, organisasi pesan, dan imbauan pesan yang terkandung dalam buku Dari Canda Nabi dan Sufi Hingga Kelucuan Kita. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi dengan pendekatan deskriptif. Analsis ini dilakukan dengan mengidentifikasi kategori, organisasi, dan imbauan pesan pada buku Dari Canda Nabi & Sufi Hingga Kelucuan Kita karya Mustofa Bisri. Menganalisa kategori pesan dakwah, organisasi pesan, dan imbauan pesan pada tiap-tiap tema cerita yang terdiri dari 157 sub judul. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukan bahwa kategori pesan yang terkandung dalam buku Dari Canda Nabi dan Sufi Hingga Kelucuan Kita pesan Akidah, Syariah, dan Akhlak. Pesan akidah yang lebih menonjol dalam buku ini adalah pesan Akidah dengan sub kategori iman kepada Allah. Organisasi pesan dalam buku ini adalah pola deduktif, pola induktif, pola kronologis, pola logis, pola topikal, dan pola spasial. Sedangkan organisasi pesan yang lebih dominan adalah pola kronologis. Imbauan pesan yang ada dalam buku ini adalah imbauan rasional, imbauan emosional, dan imbauan motivasional. Imbauan yang lebih dominan adalah imbauan rasional dan imbauan emosional. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pesan dakwah yang terdapat pada buku Dari Canda Nabi dan Sufi sampai kelucauan kita sangat menarik, karena pesan yang disampaikan sangat variatif dan tidak kaku. Kemudian kategori pesan dakwah yang disampaikan sesuai dengan fenomena yang terjadi di masa lalu maupun masa kini. Organisasi pesan dakwah dikemas dengan sangat sistematis, dan imbauan pesan dibuat untuk menggugah kesadaran dari para pembaca agar selalu meningkatkan diri dalam kebaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Humor; Sufi; Canda; Nabi;
Subjects: Islam > Sufism
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 07 Dec 2018 01:23
Last Modified: 07 Dec 2018 01:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17227

Actions (login required)

View Item View Item