Efektivitas objek wisata Badega Gunung Parang terhadap perubahan sosial masyarakat:Penelitian Mi Masyarakat Kampung Cihuni Kabupaten Purwakarta

Silviati, Helvi (2018) Efektivitas objek wisata Badega Gunung Parang terhadap perubahan sosial masyarakat:Penelitian Mi Masyarakat Kampung Cihuni Kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat merupakan suatu sistem sosial, secara disadari atau tidak disadari akan mengalami perubahan sosial, terjadinya perubahan sosial dapat disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya karena adanya penemuan-penemuan baru, hasrat yang ingin maju, dan lain-lain. Khususnya masyarakat pedesaan, Masyarakat yang tinggal di pedesaan umumnya bermata pencaharian sebagai petani. Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat kampung Cihuni Kabupaten Purwakarta tidak selamanya berdampak kepada kemajuan, namun dampak yang ditimbulkan dapat mengakibatkan kemunduran, masyarakat kampung Cihuni Kabupaten Purwakarta menduga sebuah kemajuan yang terjadi di lingkungannya merupakan suatu keberhasiln, mungkin permasalahan yang diakibatkan karena pembangunan objek wisata menjadikan perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat, perubahan yang diakibatkan oleh objek wisata dapat dikategorikan diduga perubahan yang terencana maupun perubahan yang tidak terencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi masyarakat Kampung Cihuni Kabupaten Purwakarta sebelum dibangunnya objek wisata Badega Gunung Parang, untuk mengetahui kondisi masyarakat Kampung Cihuni Kabupaten Purwakarta sesudah dibangunnya objek wisata Badega Gunung Parang,, Untuk mengetahui bagaimana dampak positif dan negatif pembangunan Objek Wisata Badega Gunung Parang terhadap perubahan sosial. Penelitian ini menggunakan teori perubahaan sosial yaitu perubahan sosial dimana Talcot Parson menganalogikan perubahan sosial pada masyarakat seperti halnya pertumbuhan pada mahluk hidup. Komponen utama pada pemikiran Parson adalah adanya proses deferensiasi. Parson berasumsi bahwa setiap masyarakat tersususn dari sekumpulan subsistem yang berbeda bedasarkan makna fungsionalnya bagi masyarakat yang lebih luas Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. informan dalam penelitian ini adalah pengelola, masyarakat, pedagang dan wisatawan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dokumentasi dan studi pustaka. Untuk menganalisis data yang akan disimpulkan penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan cara pengumpulan data, pengkelompokan data, penyususnan data dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa kondisi masyarakat Kampung Cihuni sebelum dibangunnya objek wisata Badega Gunung parang dilihat dari mata pencaharian masyarakat kampung Cihuni yaitu sebagai petani dan buruh bangunan tetapi semenjak dibangunnya objek wisata badega gunung parang mata pencarian masyarakat kampung cihuni beralih yaitu pedagang dan menjadi pengelola objek wisata. Peran pembangunan objek wisata Badega Gunung parang untuk mewadahi potensi mayarakat dan memenuhi kebutuhan pasar pariwisata. Pembangunan objek wisata badega gunung parang menimbulkan dampak positif yaitu mengeksistensikan masyarakat, membuka lapangan pekerjaan dan memberdayakan masyarakat adapun dampak negatif yaitu pencemaran lingkungan dan meningkatkan kejahatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Objek Wisata; Perubahan Sosial; Masyarakat
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Helvi Silviati
Date Deposited: 07 Dec 2018 02:57
Last Modified: 07 Dec 2018 02:57
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17235

Actions (login required)

View Item View Item