Pengaruh pendapatan premi dan hasil investasi terhadap cadangan dana tabarru’ pada PT Asuransi Sinarmas Syariah Periode 2014-2016

Fatmawati, Teti (2018) Pengaruh pendapatan premi dan hasil investasi terhadap cadangan dana tabarru’ pada PT Asuransi Sinarmas Syariah Periode 2014-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy

Abstract

Asuransi syariah bukan hanya menjadi andalan investasi bagi beberapa orang. Namun sudah menjadi kebutuhan dalam hidup yang dianggarkan dalam biaya bulanan. Penduduk indonesia yang dominannya adalah muslim, menjadikan permintaan akan asuransi syariahpun semakin tinggi. Cadangan dana tabarru’ yang merupakan salah satu keuntungan perusahaan dan peserta Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang di dapat dari laporan publikasi tahunan 2014-2016 PT. Asuransi Sinarmas Syariah. Adapun metode statistik yang digunakan antara lain analisis regresi sederhana berganda, korelasi Pearson Product Moment, koefisien determinasi, uji hipotesis (Uji-t dan Uji-F). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan premi dan hasil investasi yang mempengauhi Cadangan Dana Tabaru’ pada perusahaan Sinarmas Syariah. Pendapatan yang digunakan pada Dana Tabaru’ merupakan premi nasabah, yang mana sudah dikontribusikan reasuransi, ujroh dan kontribusi yang belum merupakan pendapatan. Kemudian hasil investasi terdiri dari peserta tabarru’ , dan pengelola. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan Sinarmas Syariah periode Januari 2014 sampai dengan Desember 2016. Kerangka berfikir dalam penelitian ini adalah semakin tinggi Pendapatan Premi dan Hasil Investasi, maka Cadangan Dana Tabarru’ yang diperoleh perusahaan asuransi akan meningkat. Begitupun sebaliknya, karena meningkatnya Pendapatan Premi dan Hasil Investasi mencerminkan mampunya perusahaan asuransi syari’ah dalam mengelola Cadangan Dana Tabarru’. Hasil penelitian menunjukan (1) Pendapatan Premi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Cadangan Dana Tabarru’ dengan hasil koefisien determinasi sebesar 50,2% dan sisanya sebesar 49,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar objek penelitian. (2) Hasil Investasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Cadangan Dana Tabarru’ dengan hasil koefisien determinasi sebesar 69,2% dan sisanya sebesar 28,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar objek penelitian. (3) Pendapatan Premi dan Hasil Investasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Cadangan Dana Tabarru’ dengan hasil koefisien determinasi sebesar 71,62% dan sisanya sebesar 28,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar objek penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tabarru’; underwriting tabarru’;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Teti Fatmawati Teti
Date Deposited: 10 Dec 2018 03:45
Last Modified: 10 Dec 2018 03:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17248

Actions (login required)

View Item View Item