Objektivitas pemberitaan aksi bela Islam 212 pada media online Detik.com: analisis isi penerapan objektivitas berita aksi bela Islam 212 pada media online Detik.com edisi November-Desember 2016

Aisyah, Dian (2018) Objektivitas pemberitaan aksi bela Islam 212 pada media online Detik.com: analisis isi penerapan objektivitas berita aksi bela Islam 212 pada media online Detik.com edisi November-Desember 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy

Abstract

Detik.com dikenal dengan situs yang mengandalkan kecepatan dalam memposting berita, bahkan beberapa menit setelah kejadian dihari yang sama. Adu cepat ini lantas membawa impilkasi yang serius yaitu mengenai akurasi. Atas nama kecepatan, seringkali keobjektifan informasi tersebut belum tentu berimbang, khususnya pemberitaan Aksi Bela Islam 212. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prinsip faktualitas dan imparsialitas (tidak berpihak) model Westertahl, pada media online Detik.com dalam pemberitaan Aksi Bela Islam 212 selama kurun waktu dua bulan sejak Aksi 212 dilakukan, yaitu Bulan November – Desember 2016. Penelitian ini mengacu pada teori objektivitas yang digunakan untuk mengukur kefaktualan dan ketidakberpihakan, dengan menggunakan Metode penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan secara sistematis objektivitas dari media mengenai suatu kegiatan yang memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat dengan teknik analisis isi yang mempu melihat kecenderungan isi media. Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan dari pemberitaan Aksi Bela Islam 212 pada media online Detik.com menghasilkan bahwa media online Detik.com cukup memperhatikan aspek faktualitas pemberitaan. Dari segi imparsialitas melalui prinsip keseimbangan dua dari keenam berita media online Detik.com tentang Aksi Bela Islam 212 terdapat kriteria yang tidak sesuai dengan kriteria pengukuran.. Dimensi faktualitas pada kriteria kebenaran telah meliputi kategori 5W+1H, keenam berita yang dianalisis memenuhi kriteria kebenaran. Kriteria informatif menunjukan bahwa enam berita yang dianalisis telah memenuhi kriteria infromatif, karena informasi yang disajikan faktual dan memberikan informasi kepada khalayak. Pada kriteria relevansi menunjukan bahwa enam berita yang dianalisis telah memperhatikan kriteria relevansi dengan menitikberatkan kesinambungan judul dan isi berita. 2) Dimensi imparsialitas pada kriteria keseimbangan (cover both side) menunjukan dua dari keenam berita yang dianalisis tidak memenuhi kriteria keseimbangan karena sumber berita menekankan satu sisi tanpa menyajikan narasumber lain, sedangkan pada kriteria netralitas berita yang dianalisis menunjukan tiga dari enam berita tidak memenuhi kriteria netralitas karena mengandung opini dari wartawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Objektivitas; Berita; Media Online;
Subjects: Analysis, Theory of Functions > General Aspects of Analysis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Dian dian aisyah
Date Deposited: 10 Dec 2018 07:44
Last Modified: 10 Dec 2018 07:44
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17281

Actions (login required)

View Item View Item