Implementasi pesan dakwah melalui radio streaming terhadap peningkatan pemahaman keagamaan mad’u: analisis isi pesan dakwah di Radio Dahlia 101.5 FM Edisi 1-31 Oktober 2016

Nasrulloh, Litath Mainna (2016) Implementasi pesan dakwah melalui radio streaming terhadap peningkatan pemahaman keagamaan mad’u: analisis isi pesan dakwah di Radio Dahlia 101.5 FM Edisi 1-31 Oktober 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER LITATH.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)

Abstract

Seorang da’I harus memiliki daya tarik yang bisa memikat para mad’u nya untuk tetap bisa bertahan mendengarkan tausiyahnya. Da’I yang berdakwah dengan media mimbar adalah merupakan hal yang biiasa, karena sosok da’I itu Nampak dan bisa terlihat oleh panca indera mad’u. Namun tidak semua da’i bisa berdakwah melalui radio, dikarenakan harus memiliki banyak keahlian tentang cara berbicara dan menyusun kata agar bisa memancing khalayak ramai untuk mendengarkannya. Radio merupakan benda yang ringan dan mudah dibawa kemana saja.selain harganya terjangkau, cara penggunaaanya pun tidaklah sulit. Namun sayangnya, radio mempunyai batas jarak gelombang, sehingga bagi mereka yang tidak terkena gelombang radio tersebut, harus melakukan cara streaming radio. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pesan dakwah melalui radio streaming terhadap peningkatan pemahaman keagamaan mad’u selama minimal satu bulan mengikuti program siaran dakwah radio dahlia Penelitian ini bertitik tolak dari salah satu pendengar yang hendak akan pergi jauh dari tempat yang ia tinggali saat ini. Seperti yang diungkapkan oleh Effendy, Sistem kerja streaming ini memungkinkan siaran radio terdengar ke seluruh dunia asalkan pendengar memiliki perangkat intenet. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi. Karena tujuan pokok dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pesan da’i tentang penerapan pesan dakwah melalui metode streaming. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah, menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpulan data, dan akhirnya megolah data dan menganalisa data. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pemahaman keagamaan mad’u lebih baik lagi dari sebelumnya. Hal ini terindikasi dari sikap dan perilakunya yang sudah mencerminkan nilai-nilai ajaran agama islam. Selain itu, hasil penelitian ini juga memperlihatkan bahwasannya mad’u bisa berubah menjadi lebih baik lagi dengan menggunakan ajakan dan gaya bahasa yang bisa dengan mudah dipahami oleh mad’u Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pesan dakwah melalui radio streaming Dahlia FM cukup efektif dan memberikan hasil yang cukup memuaskan. Dengan dibuktikan dari para mad’u yang berubah jauh menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Radio; Keagamaan Mad'u;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:57
Last Modified: 11 Dec 2018 06:57
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17293

Actions (login required)

View Item View Item