Pengaruh film spotlight terhadap minat siswa menjadi jurnalis profesional: Studi terhadap acara menonton bersama siswa anggota ekstrakurikuler jurnalistik SMKN 10 Bandung

Aprilia, Triana (2018) Pengaruh film spotlight terhadap minat siswa menjadi jurnalis profesional: Studi terhadap acara menonton bersama siswa anggota ekstrakurikuler jurnalistik SMKN 10 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (812kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Film merupakan salah satu karya jurnalistik yang ampuh untuk menyampaikan pesan secara luas dan efektif. Pesan yang terkandung dalam sebuah film dapat memberikan fungsi edukasi, informasi, persuasi, serta hiburan secara bersamaan. Oleh karena itu pesan yang ada di dalam sebuah film harus dikemas semenarik mungkin untuk membuat para penonton menikmati alur cerita yang disajikan. Salah satu film yang menceritakan tentang kehidupan dunia jurnalistik adalah film Spotlight. Film Spotlight juga dapat dijadikan referensi tambahan bagi para siswa dalam mempelajari dunia kejurnalistikan. Mengingat bahwa salah satu fungsi dari film adalah sebagai media pembelajaran atau edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh film Spotlight terhadap minat siswa menjadi seorang jurnalis profesional. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perhatian siswa terhadap film Spotlight, bagaimana pengertian siswa anggota jurnalistik tentang profesi jurnalis setelah menonton bersama film Spotlight, serta bagaimana penerimaan siswa anggota jurnalistik tentang isi pesan yang terdapat di dalam film Spotlight. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response). Asumsi dari teori ini efek yang ditimbulkan adalah reaksi yang ditimbulkan terhadap stimulus sehingga seseorang dapat mengharapkan serta memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi dari komunikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode survey. Responden yang terlibat dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa anggota ekstrakurikuler jurnalistik SMKN 10 Bandung dengan jumlah anggota 50 orang. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H1 diterima atau adanya pengaruh dari Film Spotlight (Variable X) terhadap Minat Siswa Manjadi Jurnalis Profesional (Variable Y). Pada uji kolerasi yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukan hasil sebesar 0,703 yang berarti bahwa film Spotlight memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat siswa menjadi jurnalis professional. Dengan hasil koefisien determinasi sebesar 49,42% dari keseluruhan siswa anggota ekstrakurikuler jurnalistik SMKN 10 Bandung memiliki minat menjadi jurnalis profesional setelah menonton film Spotlight bersama. Sedangkan sisanya 50.58% dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain. Setelah selesai menonton bersama film Spotlight ternyata film ini memiliki pengaruh yang cukup berarti dalam memengaruhi minat siswa anggota ekstakurikuler jurnalistik SMKN 10 Bandung untuk menjadi jurnalis profesional. Meskipun demikian, para siswa masih perlu memperdalam lagi pengetahuannya mengenai ilmu jurnalistik apabila ingin menjadi seorang jurnalis yang profesional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Film Spotlight; Jurnalis Profesional
Subjects: Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Triana Aprilia
Date Deposited: 01 Mar 2019 09:31
Last Modified: 01 Mar 2019 09:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17314

Actions (login required)

View Item View Item