Keanekaragaman jenis burung di Taman Balai Kota dan Taman Lansia Kota Bandung serta Taman Kartini Kota Cimahi Jawa Barat

Damayanti, Siti Nurani (2017) Keanekaragaman jenis burung di Taman Balai Kota dan Taman Lansia Kota Bandung serta Taman Kartini Kota Cimahi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

Burung adalah bagian dari keanekaragaman hayati yang harus dijaga kelestariannya dari kepunahan maupun penurunan keanekaragaman jenisnya. Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan bagian penting dari suatu kota. Ruang terbuka hijau memiliki dua fungsi yaitu fungsi intrinsik dan ekstrinsik. Salah satu ruang terbuka hijau yang ada di Bandung adalah Taman Kota. Taman kota memiiki fungsi ekologis sebagai tempat hidup satwa liar, salah satunya yaitu burung. Penelitian “Keanekaragaman Jenis Burung di Taman Balai Kota, Taman Lansia dan Taman Kartini Bandung Jawa Barat” di mulai pada bulan Januari dan Maret 2017. Metode yang digunakan adalah metode Point acount (titik hitung). Hasilnya menunjukkan bahwa dari ke3 tempat yang telah dilakukan pengamatan terdapat 12 jenis burung yang ditemukan. Keanekaragaman burung di Taman Balai Kota termasuk kedalam kategori sedang dengan indeks keanekaragaman 1,16, Taman Lansia termasuk kedalam kategori sedang dengan indeks keanekaragaman 1,15 dan Taman Kartini termasuk kedalam kategori rendah dengan indeks keanekaragaman 0,59. Keanekaragaman jenis burung dipengaruhi oleh ekosistem di yang ada di kawasan tersebut. Jika keadaan ekosistem cukup baik maka keanekaragaman jenis burung akan beragam. Aktivitas yang dilakukan burung di taman kota yaitu sebagian besar melakukan aktivitas biasa seperti makan, dan terbang mengelilingi taman kota. Taman kota digunakan sebagai tempat bersarang oleh sebagian burung dan tempat mencari makanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Taman Balai Kota; Taman Kartini; Jenis Burung;
Subjects: Ecology > Population Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 11 Dec 2018 04:49
Last Modified: 11 Dec 2018 04:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17318

Actions (login required)

View Item View Item