Penerapan media komik bunyi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi ajar bunyi: Penelitian quasi eksperimen di Kelas VIII 1 MTs. Nurul Bayan Kec. Cikalongkulon Kab. Cianjur

Al Adawi, Sayida (2013) Penerapan media komik bunyi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi ajar bunyi: Penelitian quasi eksperimen di Kelas VIII 1 MTs. Nurul Bayan Kec. Cikalongkulon Kab. Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Komik merupakan bacaan yang menarik dan lucu. Berbagai macam komik yang bersifat hiburan beredar luas. Banyak orang yang menganggap para pembaca komik sebagai orang yang kurang kerjaan atau malas. Namun, para peneliti mulai melirik komik sebagai salah satu sumber belajar yang menarik. Berbagai penelitian dan pengembangan telah dilakukan oleh para ahli. Pada penelitian ini penulis bermaksud menerapkan komik bunyi pada pembelajaran fisika. Sehingga komik dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi bunyi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII-1 MTs. Nurul Bayan Cikalongkulon Cianjur. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes uraian yang terdiri dari 10 soal yang memuat enam indikator pemahaman dan angket skala sikap yang terdiri dari 10 pernyataan negatif dan 10 pernyataan positif. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilaksanakan diantaranya: 1) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai 89 % dengan kategori sangat baik; 2) terdapat peningkatan pemahaman pada materi bunyi setelah pembelajaran dengan menggunakan komik bunyi peningkatan N-Gain rata-rata mencapai 0,76 dengan interpretasi tinggi; 3) penerapan komik bunyi pada pembelajaran fisika mendapatkan respon positif dari siswa, hasil respon siswa pada angket skala sikap mencapai 76,75 %, sehingga media komik ini direkomendasikan untuk digunakan pada pembelajaran fisika materi bunyi dengan sedikit perbaikan pada metode pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Komik Bunyi; Fisika Asyik; Minat Baca;
Subjects: Physics > Miscellany of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 19 Dec 2018 23:49
Last Modified: 11 Apr 2019 02:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17371

Actions (login required)

View Item View Item