Pengaruh net profit margin (NPM) dan earning per share (EPS) terhadap harga saham: studi pada PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk Tahun 2012-2017

Irsyadurrahman, Dika (2018) Pengaruh net profit margin (NPM) dan earning per share (EPS) terhadap harga saham: studi pada PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk Tahun 2012-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
01_Cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02_abstrak.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
03_DAFTARISI.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
04_BAB1.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
05_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
06_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
07_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
08_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09_ DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy

Abstract

Dalam perkembangannya salah satu faktor yang mempengaruhi harga saham suatu perusahaan adalah faktor internal yang diantaranya meliputi nilai-nilai fundamental perusahaan. Salah satu yang nilai fundamental perusahaan adalah bagaimana perusahaan dinilai dapat menghasilkan keuntungan yang dalam perhitungannya menggunakan rasio profitabilitas. Yang termasuk kedalam rasio profitabilitas ini diantanya adalah Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham. Dimana variabel independen adalah Net Profit Margin (NPM dan Earning Per Share (EPS). Sedangkan untuk variabel dependen adalah harga saham. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Sutrisno (2003) dan teori Sunariyah (2006). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data historis berupa data time series. Populasi yang digunakan adalah data keuangan perusahaan tahun 2012-2017, dimana pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik sampling jenuh dimana semua populasi digunakan sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, pengujian hipotesis (uji t dan uji f) dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial dan simultan variabel Net Profit Margin (NPM) dan Earnig Per Share (EPS) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hasil analisis menggunakan uji t menunjukan bahwa Net Profit Margin sebagai variabel X1 diperoleh nilai thitung -0,544 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,592 > 0,05, serta Earning Per Share sebagai variabel X2 diperoleh nilai thitung -0,811, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,427 > 0,05. Sedangkan hasil analisis menggunakan uji f menunjukan nilai fhitung¬ adalah 0,614 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,550 > 0,05. Hasil koefisien determinasi (R2) menunjukan angka sebesar 0,56 atau sebesar 5,6% sedangkan sisanya sebesar 94,4% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti atau tidak masuk dalam model regresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin (NPM); Earning Per Share (EPS); Harga Saham;
Subjects: Econmics
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dika Irsyadurrahman
Date Deposited: 13 Dec 2018 03:41
Last Modified: 13 Dec 2018 03:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17417

Actions (login required)

View Item View Item