Pengaruh periklanan dan lokasi kantor terhadap keputusan Nasabah dalam menggunakan Jasa Bank Syariah di Bank Jabar Banten Syariah kantor cabang pembantu Garut

Saripin, Ipin (2015) Pengaruh periklanan dan lokasi kantor terhadap keputusan Nasabah dalam menggunakan Jasa Bank Syariah di Bank Jabar Banten Syariah kantor cabang pembantu Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari outlook perbankan syariah yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia tahun 2013 dimana BI memproyeksikan tahun 2013 perbankan syariah akan tumbuh 5% tapi, kenyataannya sampai Mei 2014 pangsa pasar perbankan syariah hanya mencapai 4,92%. Hal inilah yang menarik bagi peneliti untuk melakukan penelitian. Kendala yang dihadapi diantaranya faktor periklanan dan lokasi Kantor. Fenomena tersebut menimbulkan permasalahan yang harus diteliti, yakni bagaimana pengaruh periklanan dan lokasi Kantor terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan syariah di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Garut. Penelitian ini bertujuan secara akademis untuk menambah wawasan keilmuan di bidang manajemen marketing dan memberikan referensi tentang keterkaitan pengaruh periklanan dan lokasi Kantor terhadap minat nasabah dalam menggunakan jasa perbankan syariah dan secara praktis diharapkan dapat bermanfaat untuk memberikan masukan bagi perusahaan dalam upaya menyusun strategi periklanan dan lokasi. Dasar pemikiran penelitian ini bertolak dari pemikiran keterkaitan anatara periklanan dan lokasi Kantor berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan syariah. Maka hipotesis yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah periklanan dan lokasi Kantor diduga berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan syariah secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yaitu dengan metode penelitian yang luas, namun hanya aspek-aspek tertentu saja yang akan dibahas. Sampel yang digunakan adalah 10% dari total populasi nasabah Bank Jabar Banten Syariah tahun 2014 sebanayk 3055 nasabah menjadi 97 nasabah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan studi dokumen. Adapun alat analisis dalam perhitungan ini menggunakan program SPSS release 21,00. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang positif tapi tidak signifikan dari periklanan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan syariah dengan korelasi yang kuat sebesar 0,194 dan memiliki R Square sebesar 0,241 juga melalui uji t, dimana t hitung sebesar 0,507 (< t tabel 1,661), maka Ho diterima dan Hi ditolak. Selanjutnya adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari lokasi Kantor terhadap keputusan nasabah sebesar 0,475 dengan korelasi yang sedang/cukup sebesar 0,489 dan memiliki R Square sebesar 0,242 juga melalui uji t, dimana t hitung sebesar 5,028 (> t tabel 1,661), maka Ho ditolak dan Hi diterima. Kemudian adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari periklanan dan lokasi Kantor secara simultan terhadap keputusan nasabah dengan korelasi yang kuat sebesar 24,2% dan memiliki Adjust R Square sebesar 0,242 juga melalui Uji F, dimana F hitung sebesar 14,967 (> F tabel 3,093), maka Ho ditolak dan Hi diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Periklanan; keputusan Nasabah; Jasa Bank Syariah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance > Banks
General Management > Sales Promotion
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 14 Dec 2018 02:46
Last Modified: 14 Dec 2018 02:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17457

Actions (login required)

View Item View Item