Pengaruh standar kelayakan pembiayaan dan strategi pembiayaan terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri cabang pembantu Bekasi Timur

Setiawan, Irwan (2016) Pengaruh standar kelayakan pembiayaan dan strategi pembiayaan terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri cabang pembantu Bekasi Timur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh standar kelayakan pembiayaan dan strategi pemasaran produk wrung mikro terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Bekasi Timur, hipotesis yang diajukan adalah standar kelayakan pembiayaan dan strategi pemasaran produk warung mikro berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Bekasi Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh standar kelayakan pembiayaan dan strategi pemasaran produk wrung mikro terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Bekasi Timur, untuk mengetahui variabel mana yang dominan mempengaruhi loyalitas nasabah. Teori yang digunakan untuk mendukung pembahasan dalam penelitian ini adalah standar kelayakan pembiayaan, khususnya yang berkaitan dengan kelayakan nasabah menerima pembiayaan, teori dan konsep tentang pemasaran serta teori dan konsep menciptakan loyalitas nasabah. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah bahwa loyalitas nasabah tidak selamanya tetap, kadang bisa berubah sewaktu-waktu, maka dengan hal tersebut bagaimana caranya menciptakan agar loyalitas nasabah bisa terjaga salah satunya dengan membuat standar kelayakan pembiayaan buat nasabah dan meingkatkan strategi pemasaran produk agar bisa unggul dibandingkan produk perbankan syariah lainnya. Populasi penelitian ini adalah nasabah pembiayaan produk warung mikro di Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Bekasi Timur yang berjumlah kurang lebih 1500 orang. Penentuan jumlah sample dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin, jumlah sample penelitian ini berjumlah 100 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan, serta studi dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda.Pengujian hipotesis secara simultan maupun parsial dilakukan dengan menggunakan sofware SPSS versi 13. Hasil penelitian menunjukan bahwa standar kelayakan pembiayaan dan strategi pemasaran produk secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Bekasi Timur. Variabel yang dominan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah adalah strategi pemasaran produk. Nilai koefisien determinasi (R Square) diperoleh sebesar 83,8%. Hal ini berarti bahwa variabel dependen yaitu loyalitas nasabah dapat dijelaskan oleh variabel independen standar kelayakan pembiayaan dan strategi pemasaran produk sebesar 83,8%. Sedangkan sisanya sebesar 16,2% dijelaskan oleh variabel independen lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Standar kelayakan; pembiayaan; strategi pembiayaan; loyalitas nasabah; Perbankan Syariah
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 14 Dec 2018 03:33
Last Modified: 14 Dec 2018 03:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17459

Actions (login required)

View Item View Item