Pengaruh Kurs Rupiah dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return Saham Syariah : Studi kasus pada perusahaan industri konsumsi yang terdaftar Di JII)

Ibrahim, Mohammad Andri (2015) Pengaruh Kurs Rupiah dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return Saham Syariah : Studi kasus pada perusahaan industri konsumsi yang terdaftar Di JII). Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (664kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)

Abstract

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang hingga saat ini masih menjadi magnet bagi para investor untuk berinvestasi. Para investor berharap dana yang diinvestasikannya dalam membeli sebuah saham perusahaan akan mendapatkan hasil yang diinginkan yang disebut dengan return saham. Harga saham yang bersifat fluktuatif dan susah untuk diprediksi merupakan salah kendala para investor sehingga investasi di pasar modal merupakan salah satu investasi yang beresiko. Data menunjukkan bahwa market share saham syariah per Februari 2015 tumbuh sebesar 56,4 % dengan Daftar Efek Syariah (DES) sebanyak 336 saham syariah dengan total kapitalisasi sebesar Rp 3.011 Triliun data ini menunjukkan kepercayaan para investor dalam memilih saham syariah dalam aktivitas perdagangan di pasar modal. Terdapat banyak faktor yang bisa mempengaruhi harga saham yang merupakan indikator dari return saham salah satunya adalah rasio fundamental perusahaan dan keadaan ekonomi secara makro, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Kurs Rupiah dan Rasio Fundamental perusahaan yang akan diwakili oleh Debt To Equity Ratio (DER) terhadap return saham syariah. Data diperoleh dari IDX Montly Statistic dan situs resmi Bank Indonesia dengan periode waktu Januari 2011 – Desember 2014. Jumlah populasi dari penelitian ini adalah 21 perusahaan yang masuk dalam kategori Perusahaan Industri Barang Konsumsi setelah melewati sejumlah seleksi lewat tahap purpose sampling yaitu melihat saham yang masuk ke dalam Jakarta Islamic Index (JII) secara konsisten dari periode pengamatan maka diperoleh data sampel sebanyak 3 perusahaan. Teknik analisa statistik yang dipakai adalah menggunakan analisis regresi linier berganda untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan yang lainnya. Hasil menunjukkan bahwa variabel Kurs Rupiah dan Debt To Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap return saham syariah baik secara parsial maupun secara simultan. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pengaruh DER terhadap return saham sebesar -0,335 dan pengaruh kurs rupiah terhadap return sebesar 0,137 dan secara simultan pengaruh sebesar 0,1 % sehingga 99% return saham dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil ini menunujukkan bahwa Kurs Rupiah dan Debt To Equity Ratio (DER) tidak dapat dijadikan sebagai acuan dalam menentukan strategi investasi para investor dalam menanamkan dananya di pasar modal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurs Rupiah; Debt To Equity Ratio (DER); Return Saham Syariah
Subjects: Islam > Islam and Economics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 14 Dec 2018 03:43
Last Modified: 14 Dec 2018 03:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17460

Actions (login required)

View Item View Item