Pengaruh penerapan media Card Sort terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI: Quasi experiment pada kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru

Abdillah, Naufal (2018) Pengaruh penerapan media Card Sort terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI: Quasi experiment pada kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan, diketahui bahwa media yang diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas kurang efektif. Siswa menjadi pasif dan kurang termotivasi saat mengikuti pembelajaran. Hal ini menyebabkan sebagian besar nilai siswa berada pada posisi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) proses penerapan media card sort pada mata pelajaran PAI, 2) prestasi belajar kognitif siswa setelah diterapkan media card sort, 3) pengaruh penerapan media card sort terhadap prestasi belajar koginitif siswa. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari pemikiran tersebut peneliti memilih media card sort sebagai media pembelajaran. Dengan media card sort siswa menjadi aktif, dan keaktifan siswa dalam belajar dapat membantu mereka untuk mengikat informasi yang baru saja diterima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eks-periment nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan statistik untuk data kuantitatif dan analisis logika untuk data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan media card sort terlaksana dengan baik. Dilihat dari persentasi aktivitas siswa yaitu 88% dan aktivitas guru sebesar 82%. Prestasi belajar kognitif siswa menggunakan media card sort mengalami peningkatan yang signifikan, memiliki rata-rata sebesar 82,84 yang berkategori baik, dan rata-rata yang menggunakan media video sebesar 76.98 yakni berkategori sedang. Analisis data uji normalitas menunjukan X2hitung 1,08 ≤ X2tabel 7,81 berdistribusi normal. Analisis data uji homogenitas yaitu Fhitung = 1,29 ≤ Ftabel = 1,88 artinya data menunjukan homogen. Hasil analisis data Uji T menunjukan thitung = 2,592 > tabel = 2,003 artinya H1 diterima, maka terdapat pengaruh dari proses pembelajaran dengan menggunakan media card sort terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI. N-Gain sebesar 0.70 yang berada pada kategori tinggi, dan yang menggunakan media video adalah sebesar 0.55 berkategori sedang. Dengan demikian semakin tinggi pengaruh penggunaan media card sort, maka semakin tinggi pula prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Card Sort; Prestasi Belajar Kognitif
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ami Nurrahmi Pujiani
Date Deposited: 14 Dec 2018 07:50
Last Modified: 18 Apr 2019 02:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17465

Actions (login required)

View Item View Item