Konstruksi berita penetapan tersangka Setya Novanto pada kasus e-KTP: analisis framing model Robert N. Entman tentang penetapan tersangka Setya Novanto pada Kasus e-KTP di Portal Berita Online Detik.com Edisi 17 Juli 2017

Kamilah, Nurdiani (2017) Konstruksi berita penetapan tersangka Setya Novanto pada kasus e-KTP: analisis framing model Robert N. Entman tentang penetapan tersangka Setya Novanto pada Kasus e-KTP di Portal Berita Online Detik.com Edisi 17 Juli 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK DAN MOTTO.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
1.BAB I.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)

Abstract

Gagasan penelitian ini muncul dari pemberitaan mengenai kasus e-KTP yang sedang hangat diberitakan. Hal yang menarik dari pemberitaan ini dikarenakan kasus ini menjadi mega skandal dan melibatkan sejumlah nama besar, diantaranya Ketua DPR Setyo Novanto. Pemberitaan ini mulai merebak sejak persidangan dua terdakwa sebelumnya, yaitu Irman dan Sugiharto yang menduga Setya Novanto ikut melakukan korupsi e-KTP bersama-sama. Media kemudian memberitakan kasus ini. Bukan hanya media cetak dan elektronik, media online pun turut menyebarluaskan perkembangan berita dari dunia politik tersebut. Salah satu portal berita online yang memberitakan kasus penetapan Setya Novanto ini adalah situs detik.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan portal berita online, dilihat dari perspektif media tersebut dalam mengkonstruksi berita penetapan tersangka Setya Novanto pada kasus e-KTP melalui empat elemen pembingkaian model Robert N. Entman yaitu define problems (pendefinisian masalah), diagnose causes (memperkirakan masalah atau sumber masalah), make moral judgement (membuat penilaian moral), dan treatment recommendation (menekankan penyelesaian). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruksivisme dengan metode analisis framing model Robert N. Entman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi berupa pengumpulan pemberitaan terkait berita penetapan tersangka Setya Novanto pada kasus e-KTP di portal berita online detik.com edisi 17 Juli 2017. Penelitian ini melalui proses pengumpulan, penelaahan, dan studi dokumentasi, untuk mendeskripsikan proses penelitian hingga diketahui cara portal berita online mengonstruksi realitas, dengan lebih mengutamakan proses dan makna (perspektif subjektif) daripada hasil. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa konstruksi pemberitaan detik.com dilihat dari model Robert N. Entman yaitu; 1) Pendefinisian Masalah (Define Problems) berita ini ialah masalah korupsi e-KTP yang menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka yang dilihat dari berbagai berita terkait; 2) Perkiraan Masalah (Diagnose Causes) berita ini ialah Novanto sebagai tersangka memang patut dilakukan KPK, karena KPK mempunyai bukti cukup; 3) Pembuatan Keputusan Moral (Make Moral Judgement) berita ini menunjukkan bahwa Novanto telah melakukan tindak pidana korupsi e-KTP dan harus dihukum sesuai dengan UU yang berlaku; 4) Penekanan Penyelesaian Masalah (Treatment Recommendation) berita ini merujuk pada upaya untuk membawa Novanto ke pengadilan karena detik.com meyakini betul bahwa Novanto telah melakukan tindak pidana korupsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berita; Tersangka; e-KTP; Setya Novanto;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 17 Dec 2018 07:22
Last Modified: 17 Dec 2018 07:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17468

Actions (login required)

View Item View Item