Pengaruh struktur modal dan penyaluran pinjaman anggota terhadap sisa hasil usaha yang dibagikan: studi kasus pada Koperasi Konsumen PKK Taruna Parahyangan Ujung Berung Bandung Periode 2008-2017)

Irawan, Dodi (2018) Pengaruh struktur modal dan penyaluran pinjaman anggota terhadap sisa hasil usaha yang dibagikan: studi kasus pada Koperasi Konsumen PKK Taruna Parahyangan Ujung Berung Bandung Periode 2008-2017). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy

Abstract

Terdapat tiga macam sumber usaha ekonomi nasional salah satunya adalah koperasi. Koperasi diharapkan dapat menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Seperti yang terdapat pada undang-undang dasar pasal 3 ayat 1 menyebutkan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama atas dasar asas kekeluargaan, yang mempunyai tujuan untuk mensejahterakan anggota pada khusunya dan masyarakat pada umumnya. Menurut Baswir (2000:2) : dalam koperasi itu sendiri setidaknya terdapat dua unsur yang saling berkaitan satu sama lain yaitu unsur ekonomi dan unsur sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Struktur Modal dan Penyaluran Pinjaman Anggota Terhadap Sisa Hasil Usaha yang dibagikan. Dimana variabel Independennya adalah Struktur Modal dan Penyaluran Pinjaman, sedangkan Dependennya adalah Sisa Hasil Usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, jenis data sekunder , teknik analisis berupa regresi linear berganda. Objek dalam penelitian ini adalah Koperasi Konsumen PKK Taruna Parahyangan Ujung Berung Bandung Periode 2008-2017. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda telah didapat persamaanY = 0,322+0,520+0,962. Nilai konstanta bernilai positif, yaitu 0,322, Nilai Struktur Modal bernilai positif, yaitu 0,520, Nilai Penyaluran Pinjaman bernilai positif, yaitu 0,962. Hasil Uji Hipotesis Struktur Modal Terhadap Sisa Hasil Usaha (Uji t ) menunjukkan bahwa nilai t-hitung untuk Struktur Modal yaitu 2,392, t-tabel dalam pengujian ini adalah ±2,26. Karena t-hitung > t-tabel, yaitu 2,392 > 2,26, maka Ho di terima dan Ha ditolak. Artinya terdapat pengaruh secara parsial antara Struktur Modal terhadap Penyaluran Pinjaman. Hasil Uji Hipotesis Penyaluran Pinjaman Terhadap Sisa Hasil Usaha ( Uji-t ) t-hitung untuk Penyaluran Pinjaman yaitu 4,710. t-tabel dalam pengujian ini adalah ±2,26. Karena t-hitung > t-tabel, yaitu 4,710> 2,26, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya terdapat pengaruh secara parsial antara Penyaluran Pinjaman terhadap Sisa Hasil Usaha.Uji F nilai F-tabel yaitu 4,74 karena F-hitung > F-tabel yaitu 11.103 > 4,74 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Struktur Modal dan Penyaluran Pinjaman terhadap Sisa Hasil Usaha secara simultan. Koefisien determinasi (R2) menunjuakan bahwa R square adalah 0,760. Nilai ini menunjukan bahwa Struktur Modal (X1) dan Penyaluran Pinjaman (X2) berpengaruh 76% terhadap Sisa Hasil Usaha (Y). Sisanya yaitu sebesar 24% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal; Penyaluran Pinjaman; Sisa Hasil Usaha
Subjects: Econmics
Cooperative
Cooperative > Cooperative of Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dodi Irawan
Date Deposited: 27 Dec 2018 07:25
Last Modified: 27 Dec 2018 07:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17476

Actions (login required)

View Item View Item