Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam dan Kualitas Layanan terhadap Minat Konsumen Menggunakan Jasa Hotel Syariah Daarul Jannah Bandung

Maidi, Muhamad Nurul Ilmi (2016) Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam dan Kualitas Layanan terhadap Minat Konsumen Menggunakan Jasa Hotel Syariah Daarul Jannah Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh penerapan etika bisnis Islam dan kualitas layanan terhadap minat konsumen menggunakan jasa hotel syariah Daarul Jannah Bandung, hipotesis yang diajukan adalah penerapan etika bisnis Islam dan kualitas layanan diduga berpengaruh terhadap minat konsumen menggunakan jasa hotel syariah Daarul Jannah Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penerapan etika bisnis Islam dan kualitas layanan terhadap minat konsumen menggunakan jasa hotel syariah Daarul Jannah Bandung, untuk mengetahui variabel mana yang dominan mempengaruhi minat konsumen. Teori yang digunakan untuk mendukung pembahasan dalam penelitian ini adalah teori dan konsep tentang etika bisnis Islam, khususnya yang berkaitan dengan penerapan etika bisnis di perhotelan, teori dan konsep tentang kualitas layanan serta teori dan konsep tentang minat konsumen. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah bahwa keputusan menggunakan jasa hotel syariah diawali oleh minat dari konsumen untuk menggunakan jasa perhotelan syariah, minat tersebut salah satunya dipengaruhi oleh penerapan etika bisnis Islam di hotel syariah tersebut, juga dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan pihak manajemen hotel syariah. Faktor-faktor tersebut diduga sangat berpengaruh terhadap minat konsumen menggunakan jasa hotel syariah khususnya Hotel daarul Jannah Bandung. Populasi penelitian ini adalah tamu yang menginap di Hotel Daarul Jannah Bandung yang menjadi subjek penelitian dalam 6 bulan terahir ini populasinya berjumlah kurang lebih 950 orang. Penentuan jumlah sample dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin, jumlah sample penelitian ini berjumlah 100 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan, serta studi dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda.Pengujian hipotesis secara simultan maupun parsial dilakukan dengan menggunakan sofware SPSS versi 13. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan etika bisnis Islam dan kualitas layanan secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen menginap dan menggunakan jasa hotel syariah Daarul Jannah Bandung. Variabel yang dominan berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen adalah variabel penerapan etika bisnis Islam.Koefisien determinasi yang telah disesuaikan sebesar 84% menunjukkan bahwa kontribusi penerapan etika bisnis Islam dan kualitas layanan terhadap minat konsumen sebesar 84%, sedangkan sisanya 16% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Etika Bisnis Islam; Kualitas Layanan; Minat Konsumen
Subjects: Occupational Ethics > Business Ethics
Islam > Islamic Ethics, Practice
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 17 Dec 2018 04:08
Last Modified: 17 Dec 2018 04:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17485

Actions (login required)

View Item View Item