Peranan program pemberdayaan masyarakat Kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi: studi deskriptif Kelurahan Setiamanah Cimahi Tengah Kota Cimahi

Laelasari, Nurtika (2017) Peranan program pemberdayaan masyarakat Kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi: studi deskriptif Kelurahan Setiamanah Cimahi Tengah Kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)

Abstract

Semakin tidak stabilnya pertumbuhan ekonomi yang terjadi di masyarakat terutama masyarakat kelurahan Setiamanah mengakibatkan bertambahnya angka kemiskinan dan melemahnya kesejahteraan ekonomi yang memaksa masyarakat terpuruk akan kondisi yang dialami dan tidak adanya potensi serta skill yang mereka punya untuk merubah hidupannya. Maka dari itu, sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat tercetuslah program pemberdayaan masyarakat kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini yaitu bagaimana program serta hasil yang dilakukan oleh kelurahan Setiamanah untuk memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di kelurahan Setiamanah. Teori yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti ialah teori Pemberdayaan yang di kemukakan oleh Totok dan Poerwoko bahwa Pemberdayaan adalah Upaya untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh individu, kelompok dan masyarakat luas agar mereka memiliki kemampuan untuk melakukan pilihan dan mengontrol lingkungannya agar dapat memenuhi keinginan-keinginannya, termasuk aksesbilitasnya terhadap sumberdaya yang terkait dengan pekerjaannya, aktivitas sosialnya, dll. Secara umum penelitian ini bersifat empirik dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi Sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan reduksi data, tafsiran, dan penarikan kesimpulan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Program yang dilakukan kelurahan Setiamanah yaitu dengan pelatihan menjahit dan pelatihan pengolah makanan (2) Hasil dari kegaitan pelatihan menjahit dan pelatihan mengokah makanan dapat menjadikan masyarakat lebih berdaya dan mengalami kesejahteraan hidup dari sebelumnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pelatihan menjahit dan pelatihan pengolahan makanan dapat membantu masyarakat dalam melakukan peningkatan perekonomian dan mencapai kesejahteraan hidup di bina ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program Pemberdayaan; Kesejahteraan; Ekonomi;
Subjects: Islam > Da'wah
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 17 Dec 2018 06:05
Last Modified: 17 Dec 2018 06:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17486

Actions (login required)

View Item View Item