Pengaruh likuiditas, non Performing Financing, dan Return On Asset terhadap pembiayaan perbankan Syariah di Indonesia periode 2011-2014

Lestari, Nuri Ayu (2016) Pengaruh likuiditas, non Performing Financing, dan Return On Asset terhadap pembiayaan perbankan Syariah di Indonesia periode 2011-2014. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (743kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)

Abstract

Pembangunan ekonomi tidak lepas dari peranan sektor perbankan sebagai lembaga pembiayaan bagi sektor riil. Bank Syariah memberikan dukungan pembiayaan melalui berbagai skema pembiayaan baik jual beli ataupun bagi hasil. Diperlukan rambu-rambu untuk menjaga kesehatan bank dalam penanaman dananya. Sehingga dalam penentuan kesehatan suatu bank, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah rasio likuiditas (FDR), pembiayaan yang macet (NPF), rasio profitabilitas (ROA). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena data statistik perbankan syariah selama periode 2011 sampai 2014 dapat diketahui bahwa FDR, NPF, dan ROA mengalami fluktuasi. Tetapi hal tersebut tidak terjadi pada pembiayaan. Pembiayaan yang dimiliki selama periode pemeriksaan yaitu dari tahun 2011 sampai 2014 justru mengalami peningkatan setiap tahunnya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh likuiditas, non performing financing, dan return on asset terhadap pembiayaan perbankan syariah di Indonesia. Selain itu, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari variabel bebas baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel terikat. Bagi bank syariah, sumber dana yang paling dominan bagi pembiayaan asetnya adalah dana investasi. Tingkat keuntungan bank akan semakin meningkat jika penyaluran dana lewat pembiayaan ditingkatkan, dengan asumsi pembiayaan bermasalah (NPF) dapat diminimalisir. Semakin tinggi FDR, dan semakin besar tingkat keuntungan (ROA) yang didapat oleh bank bank, maka semakin besar pula upaya manajemen menginvestasikan keuntungan tersebut dengan berbagai kegiatan yang menguntungkan manajemen, terutama dengan penyaluran pembiayaan. Berdasarkan pemikiran tersebut maka diduga bahwa likuiditas, non performing financing dan return on asset adalah mempengaruhi pembiayaan perbankan syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data bulanan dari seluruh Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah yang ada di Indonesia pada periode tahun 2011-2014 dengan pengambilan sampel yaitu menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eviews 7 dengan metode yang digunakan adalah Error Correction Model dengan uji prasyarat yaitu uji asumsi klasik, uji stasioneritas, uji kointegrasi, dan uji statistik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa likuiditas dalam jangka pendek dan jangka panjang berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan Non Performing Financing (NPF) dalam jangka pendek dan jangka panjang berpengaruh negatif dan signifikan, namun variabel Return On Assets (ROA) dalam jangka pendek berpengaruh positif dan tidak signifikan sedangkan dalam jangka panjang Return On Assets (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan perbankan syariah di Indonesia. Dalam jangka pendek maupun jangka panjang secara simultan variabel likuiditas, Non Performing Financing (NPF) dan Return On Asset (ROA) berpengaruh terhadap pembiayaan perbankan syariah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Likuiditas; non Performing Financing; Return On Asset; pembiayaan: perbankan Syariah
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Financial Economics, Finance
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 17 Dec 2018 04:43
Last Modified: 17 Dec 2018 04:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17489

Actions (login required)

View Item View Item