Pengaruh tingkat penghasilan dan harga barang dan Jasa terhadap perilaku konsumen pada kepala keluarga desa Panumbangan Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis

Regal, Toni (2015) Pengaruh tingkat penghasilan dan harga barang dan Jasa terhadap perilaku konsumen pada kepala keluarga desa Panumbangan Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (835kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku konsumsi masyarakat yang semakin kompleks. Dalam melakukan keputusan pembelian (proses konsumsi), seringkali sebagian besar konsumen tidak memahami motivasi mereka secara mendalam mengenai arti dari pembelian. Perilaku konsumen cenderung ke arah konsumtif dan sering berubah-ubah. Hal ini, dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya tingkat penghasilan dan harga barang dan jasa, sehingga peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian terhadap kedua faktor tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat penghasilan (X1) terhadap perilaku konsumen (Y), pengaruh harga barang dan jasa (X2) terhadap perilaku konsumen (Y), dan pengaruh tingkat penghasilan (X1) dan harga barang dan jasa (X2) terhadap perilaku konsumen (Y) pada kepala keluarga Desa Panumbangan Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang penghasilan, teori tentang harga dan teori tentang perilaku konsumen. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksplanatoris (explanatory research). Dikatakan demikian, karena penelitian ini menghubungkan 3 (tiga) variabel, yaitu tingkat penghasilan sebagai variabel bebas (X1), harga barang dan jasa sebagai variabel bebas (X2), serta perilaku konsumen sebagai variabel terikat (Y). Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh tingkat penghasilan (X1) kepala keluarga di Desa Panumbangan, harga barang dan jasa (X2) dilakukan pengujian hipotesis dengan membandingkan antara ttabel dengan thitung (uji t dan uji F). Demikian pula, untuk mengetahui pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap Y dilakukan analisis korelasi dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pengaruh tingkat penghasilan terhadap perilaku konsumen diperoleh nilai thitung sebesar 6,990 dengan signifikansi 0,000. Dengan demikian dikatakan bahwa tingkat penghasilan (X1) berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen (Y). Pengaruh harga barang dan jasa terhadap perilaku konsumen diperoleh thitung sebesar 4,877 dengan signifikansi 0,000. Dengan demikian dikatakan bahwa harga barang dan jasa (X2) berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen (Y). Pengaruh tingkat penghasilan dan harga barang dan jasa secara bersama-sama diperoleh nilai Fhitung sebesar 57,908 dengan signifikansi 0,000. Dengan demikian, maka X1 dan X2 berpengaruh signifikan terhadap Y. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,265. Koefisien ini menunjukkan bahwa sumbangan relatif yang diberikan oleh kombinasi variabel X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 26,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tingkat penghasilan; harga barang dan jasa; dan perilaku konsumen
Subjects: Financial Economics, Finance
Socialism and Related Systems
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 17 Dec 2018 08:45
Last Modified: 17 Dec 2018 08:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17504

Actions (login required)

View Item View Item