Dinamika dakwah komunitas musisi: studi deskriptif terhadap aktivitas dakwah yang diselenggarakan komunitas musisi mengaji di Kota Bandung

Husnunnisa, Intan Aulia (2018) Dinamika dakwah komunitas musisi: studi deskriptif terhadap aktivitas dakwah yang diselenggarakan komunitas musisi mengaji di Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah bertujuan untuk membuat umat Islam tetap berada dalam ajaran Islam yang ideal. Meskipun paham dalam Islam begitu berwarna, namun tujuan dakwah hanya satu, yaitu berusaha meraih ridho Allah Swt dan berusaha menjadi manusia yang menjadi lebih baik dari hari ke hari. Zaman yang semakin modern membuat dakwah harus bersifat lentur sesuai dengan kondisi dan sifat dari masyarakat modern agar dakwah dapat berjalan dengan efektif. Komunitas Musisi Mengaji menciptakan berbagai kegiatan inovatif yang bisa merangkul masyarakat khususnya generasi muda untuk memahami ajaran Islam yang mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika Komunitas Musisi Mengaji, mulai dari penguatan secara internal keanggotaan hingga perkembangan dan penguatan dakwah Komunitas Musisi Mengaji dari tahun ke tahun. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dinamika kelompok serta teori proses dan tahapan dakwah. Teori dinamika kelompok digunakan untuk mengetahui bagaimana dinamika yang terjadi pada Komunitas Musisi Mengaji. Teori proses dan tahapan dakwah digunakan sebagai acuan untuk menganalisa bagaimana proses perkembangan Komunitas Musisi Mengaji dalam dakwahnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan objek secara luas melalui pengumpulan data dari wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi yang menitikberatkan pada Dinamika Dakwah Komunitas Musisi Mengaji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komunitas Musisi Mengaji melakukan aktivitas dakwahnya dengan cara yang kreatif dan inovatif tanpa menghilangkan hakikat dari Islam itu sendiri. Issue bahwa musik itu haram membuat semua founder Komuji mencari benang merah untuk kemudian mendiskusikan hal apa yang menyebabkan musik dicap haram. Bentuk aktivitas dakwah Komunitas Musisi Mengaji hadir sebagai jawaban atas semua kegelisahan para musisi di Kota Bandung dan dikemas dalam program-program yang variatif. Proses pelaksanaan dakwah dilakukan secara sistematis. Tantangan yang dialami Komunitas Musisi Mengaji beragam dari internal dan eksternal, namun Komunitas Musis Mengaji selalu menanggapi semua tantangan dengan pikiran positif hingga komunitas ini tumbuh menjadi suatu komunitas yang tangguh (Khairu Al Jama’ah).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: dakwah; dinamika; musisi
Subjects: Islam > Da'wah
Communities
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Intan Aulia Husnunnisa
Date Deposited: 21 Dec 2018 02:38
Last Modified: 21 Dec 2018 02:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17509

Actions (login required)

View Item View Item