Upaya Penanggulangan Kenakalan Pelajar di Kota Serang (Studi di SMKN 5, SMK PGRI I dan SMK PGRI 3 Kota Serang)

Hasanudin, Hasanudin (2016) Upaya Penanggulangan Kenakalan Pelajar di Kota Serang (Studi di SMKN 5, SMK PGRI I dan SMK PGRI 3 Kota Serang). doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DaftarIsi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text
4_Bab1sdDaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kenakalan pelajar dalam studi sosial dapat dikategorikan ke dalam perilaku menyimpang, dalam perspektif perilaku menyimpang masalah sosial terjadi karena terdapat penyimpangan perilaku dari berbagai aturan-aturan sosial ataupun dari nilai dan norma sosial yang berlaku. Perilaku menyimpang dapat dianggap sebagai sumber masalah karena dapat membahayakan sistem sosial. Kenakalan tersebut perlu diantipasi oleh berbagai pihak, tidak terkecuali pihak Sekolah. Perlu tindakan yang efektif sebagai metode dalam menanggulangi dan mengatasi kenakalan pelajar terutama pada SMK di Kota Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penyebab kenakalan, Peran sekolah dalam menanggulangi terjadinya kenakalan, upaya yang dilakukan dalam menanggulangi terjadinya kenakalan pelajar 3 SMK di kota serang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk meneliti kondisi objek yang bersifat alamiah, dengan menempatkan peneliti sebagai instrument kunci. Pengambilan sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan data dengan cara tringulasi (gabungan) dan analisis datanya bersifat induktif, serta hasil penelitiannya lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian dan pembahasan adalah Beberapa faktor penyebab terjadinya kenakalan pelajar di 3 SMK kota Serang pada prinsipnya meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu berkaitan dengan kepribadian, status dan peran di masyarakat. Faktor Eksternalnya yaitu a) Lingkungan Keluarga dimana peran orang tua tidak maksimal dalam mendidik anak, b) Pelajar kurang sentuhan agama yaitu pelajar tidak dididik agama Islam yang kental, c) kontrol dari lingkungan masyarakat yang tidak memperhatikan karakter pelajar. Metode dalam menanggulangi terjadinya kenakalan pelajar di 3 SMK Kota Serang berprinsip pada Antisipasi secara kuratif dan preventif sebagai berikut: Pembiasaan Baca Al-quran 15 menit sebelum memulai pelajaran pertama, membiasakan Dzikir Bersama setiap malam jumat, membiasakan siraman kerohanian oleh semua pihak setiap bulan sekali, Membiasakan Kultum setiap setelah Dzuhur baik oleh Guru maupun siswa dan pelatihan Dakwah oleh siswa dipandu oleh guru. Langkah yang perlu diambil dalam memotivasi belajar siswa pada 3 SMK di Kota Serang adalah dengan menggerakkan, menggarahkan dan menjaga tingkah laku siswa SMK Kota Serang agar mereka terus melakukan usaha-usaha yang efektif dan positif. Langkah lain adalah dengan memmotivasi supaya mau berdzikir kepada Allah sehingga siswa dapat memperoleh ketenangan dan berdampak pada baiknya sikap dalam hidupnya. Jika siswa banyak berdzikir kepada Allah maka hatinya akan tenang, jika hatinya tenang maka akan mudah untuk berfikir jernih, jika berfikir jernih maka akan mudah untuk berperilaku baik.

Item Type: Thesis (doktoral)
Uncontrolled Keywords: kenakalan remaja
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Jajang Burhanudin
Date Deposited: 02 Jun 2016 09:09
Last Modified: 02 Jun 2016 09:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item