Penerapan model pembelajaran webbed untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa subtema 2 perpindahan kalor di sekitar kita: penelitian tindakan kelas di kelas V MI Al-Misbah Kecamatan Cibiru Kota Bandung Tahun ajaran 2017/2018

Nurlaela, Ade Siti (2018) Penerapan model pembelajaran webbed untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa subtema 2 perpindahan kalor di sekitar kita: penelitian tindakan kelas di kelas V MI Al-Misbah Kecamatan Cibiru Kota Bandung Tahun ajaran 2017/2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya aktivitas siswa pada proses pembelajaran tematik. Hal ini terjadi karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa di kelas V MI Al-Misbah pada subtema 2 (Perpindahan kalor di sekitar kita) sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Webbed, serta untuk mengetahui aktivitas guru dalam melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Webbed. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa aktivitas belajar siswa dapat meningkat yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran Webbed. Model pembelajaran Webbed menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V MI Al-Misbah yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini terdiri dari Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, unjuk kerja, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Webbed cukup rendah dengan hasil observasi 49,40% (cukup). Proses pembelajaran subtema 2 (perpindahan kalor di sekitar kita) menggunakan model pembelajaran Webbed meningkat pada setiap siklusnya yang berjalan sesuai dengan rencana. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru pada setiap tindakan. Siklus I tindakan pertama aktivitas siswa 55,48% dan guru 86,66%, siklus I tindakan kedua aktivitas siswa 67,25% dan aktivitas guru 93,33%, sedangkan siklus II tindakan pertama aktivitas siswa mencapai 73,19% dan aktivitas guru mencapai 93,33%, dan siklus II tindakan kedua aktivitas siswa 86,07% dan aktivitas guru 93,33%. Setelah menggunakan model pembelajaran Webbed rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I mencapai 61,37% (baik), sedangkan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 79,63% (baik). Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Webbed dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada subtema 2 (perpindahan kalor di sekitar kita) di kelas V MI-Al Misbah Kota bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar siswa; model pembelajaran webbed;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ade Siti N Ade Laela
Date Deposited: 19 Dec 2018 06:33
Last Modified: 19 Dec 2018 06:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17576

Actions (login required)

View Item View Item