Efektifitas penerapan spiritual parenting terhadap kecerdasan emosional dan spiritual: penelitian terhadap mahasiswa jurusan Tasawuf Psikoterapi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Fitri, Nisrina (2018) Efektifitas penerapan spiritual parenting terhadap kecerdasan emosional dan spiritual: penelitian terhadap mahasiswa jurusan Tasawuf Psikoterapi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan emosional dan spiritual merupakan suatu hal yang seharusnya dimiliki oleh setiap mahasiswa yang sudah memasuki fase dewasa. Karena, pada kenyataan dilapangan yang terjadi, masih banyaknya mahasiswa yang kurang cerdas secara emosional dan spiritual. Seperti halnya mereka tidak sepenuh hati melaksanakan kewajiban beribadah sebagai seorang muslim, selalu mengedapankan ego dan emosi ketika dibenturkan pada masalah berat, tidak peduli terhadap sekitar. Oleh karena itu sangat penting memiliki kecerdasan emosional dan spiritual. Adapun factor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan emosional dan spirirual seseorang salah satunya berasal dari pendidikan yang diterapkan oleh keluarga, khususnya pola asuh yang diterapkan oleh orangtuanya. Spiritual parenting merupakan jenis pola asuh yang sangat baik untuk diterapkan, karena pola asuh ini menempatkan Allah sebagai urutan tertinggi dalam kehidupan, yang memungkinkan dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan emosional dan spiritual pada anak hingga dewasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan spiritual parenting pada masa kecil mahasiswa jurusan tasawuf psikoterapi serta kondisi kecerdasan emosional dan spiritual, juga untuk mengetahui adanya pengaruh pada penerapan spiritual parenting terhadap kecerdasan emosional dan spiritual mahasisa jurusan Tasawuf Psikoterapi Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan penyebaran angket/kuesioner kepada 70 sampel mahasiswa jurusan tasawuf psikoterapi dengan 40 item pernyataan, validitas yang didapatkan sebanyak 34 item pernyataan, 17 item dari spiritual parenting dan 17 item dari ESQ. Semua pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS. Hasil dari penelitian tersebut menunjukan penerapan spiritual parenting pada mahasiswa jurusan tasawuf psikoterapi tinggi dengan nilai rata-rata frekuensi sebesar 62.26. begitupun ESQ terbilang sedang dengan nilai rata-rata frekuensi sebesar 56.99. Berdasarkan hasil koefisien korelasi sebesar 0.149, jika berpacu pada aturan tabel koefisien korelasi angka tersebut berada pada peranan yang sangat rendah. Sedangkan signifikansi korelasi dari spiritual parenting dan ESQ dihasilkan angka sebesar 0,176, aturannya jika signifikansi < 0,05 dan dinyatakan efektifitas spiritual parenting terhadap ESQ pengaruhnya rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Spiritual Parenting; Kecerdasan emosional; Kecerdasan Spirtual;
Subjects: Psychology > Psychologist
Spiritual Beings
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: NF Nisrina Fitri
Date Deposited: 19 Dec 2018 06:20
Last Modified: 19 Dec 2018 06:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17580

Actions (login required)

View Item View Item