Pengaruh dzikir terhadap kecemasan wanita dalam menghadapi menopause: studi komparatif di Majlis Taklim Ruhul Ulum dan Majlis Taklim An-Nur

Juwita, Juwita (2018) Pengaruh dzikir terhadap kecemasan wanita dalam menghadapi menopause: studi komparatif di Majlis Taklim Ruhul Ulum dan Majlis Taklim An-Nur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya kecemasan wanita menjelang menopause. Menopause merupakan berhentinya secara fisiologis siklus menstruasi pada wanita, adapun gejala menopause berupa kecemasan seperti emosi yang cepat berubah-ubah, mudah marah, mudah menangis, dan mudah tersinggung. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan kecemasan yaitu melakukan dzikir. Karena dzikir mengandung psikoteurapeutik yang mengandung kekuatan spiritual atau kerohanian yang dapat membangkitkan rasa percaya diri dan optimisme yang kuat dalam diri orang yang berdzikir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Ada dua kelompok penelitian, dimana kelompok eksperimen yang diberi perlakuan khusus dan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan khusus. Setelah perlakuan khusus dilakukan pengambilan data dilakukan menggunakan instrument penelitian berupa angket atau kuesioner. Subjek penelitiannya sebanyak 30 orang kelompok kontrol dan 30 orang kelompok eksperimen. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik komparasi, dan menggunakan bantuan SPSS versi 16 yaitu Independent Sample T-test. Data populasi dan sampel penelitian yang diambil pada kondisi menjelang menopause kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan telah munculnya tanda-tanda menopause, sehingga dapat dilakukan penelitian lebih lanjut. Dzikir yang dilakukan pada penelitian ini adalah dzikir Asma’ul Husna. Hasil analisis data menunjukkan perilaku dzikir di kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 61,53 dan nilai tersebut lebih besar dari nilai kelompok kontrol yang sebesar 51,23. Begitupula dengan nilai rata-rata kecemasan, kelompok eksperimen yang lebih rendah yakni sebesar 40,47 sedangkan kelompok kontrol memiliki nilai sebesar 50,57 Artinya ―Terdapat perbedaan perilaku dzikir dan kecemasan pada kelompok kontrol dan eksperimen. Dimana kelompok eksperimen menunjukkan nilai rata-rata rendah mengenai kecemasan, dan memiliki nilai rata-rata tinggi di perilaku dzikir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: dziki; kecemasan; wanita; menopause
Subjects: Islam > Text of Payers
Analysis, Theory of Functions > Functional Analysis
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: juwita Juwita Juwita
Date Deposited: 20 Dec 2018 01:10
Last Modified: 20 Dec 2018 01:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17609

Actions (login required)

View Item View Item