Pengaruh Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham: studi kasus pada sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012

Fitriani, Ani (2015) Pengaruh Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham: studi kasus pada sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daaftarisi.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya permasalahan pada investasi di pasar modal yang memberikan ketidakpastian dan risiko tinggi, sehingga investor perlu melakukan penilaian terhadap saham yang dipilihnya. Aspek paling sulit dalam mengambil keputusan investasi saham adalah menentukan layak tidaknya suatu saham dibeli, mengingat faktor harga mempunyai mobilitas tinggi, harga saham merupakan cerminan nilai perusahaan. Untuk mengetahui pergerakan harga saham dapat dilakukan melalui analisis fundamental dengan menggunakan rasio laporan keuangan. Rasio tersebut diantaranya dengan rasio profitabilitas yang mana rasio ini mengukur efektifitas manajemn di lihat dari laba penjualan investasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) secara simultan maupun secara parsial terhadap harga saham pada sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012, karena dalam hal ini masih terdapat perbedaan antara penelitian yang satu dengan yang lainnya. Untuk Return On Equity (ROE) penulis menggunakan teori dari Syamsuddin yaitu tentang manajemen keuangan perusahaan, untuk Earning Per Share (EPS) peneliti menggunakan teori dari Tryfino yaitu tentang Cara Cerdas Berinvestasi Saham dan untuk harga saham peneliti menggunakan teori dari T Dominic yaitu tentang Berinvestasi di Bursa Saham. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif veripikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji F untuk pengujian secara simultan, uji t untuk pengujian secara parsial dan pengujian koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian variabel Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham memiliki hubungan yang sangat kuat, serta besarnya koefisien determinasi sebesar 81%. Dari hasil pengujian hipotesis Return On Equity (ROE) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham karena memiliki sig (0.946 > 0.05). sedangkan Earning Per Share (EPS) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham karena memiliki sig (0.000 < 0.05). berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (55.345 > 3.37) maka Ha diterima dan memiliki sig (0.000 > 0.05), Artinya Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ROE; EPS; Harga Saham;
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 20 Dec 2018 06:38
Last Modified: 20 Dec 2018 06:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17628

Actions (login required)

View Item View Item