Peran lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat: penelitian di Kelurahan Margahayu Utara Kota Bandung

Sihabuddin, Budi (2018) Peran lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat: penelitian di Kelurahan Margahayu Utara Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan atau keterbelakangan ekonomi merupakan masalah yang sering ditemui dalam masyarakat, dan tentu saja kesejahteraan merupakan dambaan setiap orang, karena di dalam masyarakat yang sejahtera kebutuhan mereka pun bisa terpenuhi, kesejahteraan adalah tanggung jawab pemerintah, tapi kesejahteraan tidak akan terwujud apabila tidak adanya partisipasi dari masyarakat itu sendiri, maka dari itu pertisipasi dari masyarakat sangat di perlukan agar mau bekerja sama dengan pemerintah. Salah satu usaha pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat adalah dengan membentuk (LPM) yaitu Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, LPM di bentuk agar bisa memberdayakan masyarakat khususnya dalam bidang ekonomi melalui potensi atau keahlian yang ia miliki serta memotivasi dan menumbuhkan semangat kerja terhadap masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya yang di lakukan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Kelurahan Margahayu Utara Kota Bandung, serta mengetahui apa saja kegiatan dan program yang dilakukan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Margahayu Utara Kota Bandung, dan mengetahui hasil dari program yang di laksanakan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Teori yang relevan dengan penelitian ini yaitu pengembangan dan pemberdayaan pada akhirnya akan menyediakan sebuah ruang kepada masyarakat untuk mengadakan pilihan-pilihan. Sebab manusia atau masyarakat yang dapat mengajukan pilihan-pilihan dan dapat memilih dengan jelas adalah masyarakat yang punya kualitas. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui ; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program yang telah dilakukan oleh LPM dalam bidang ekonomi antara lain tersedianya modal usaha yang di pinjamkan oleh LPM, adanya pelatihan kewirausahaan secara gratis, pelaksanaan bersifat bagus dan efektif karena meminjamkan modal usaha untuk masyarakat dan bisa melatih masyarakat untuk berwirausaha, hasil dari kegiatan LPM terbentuknya pelatihan kewirausahaan, adanya koperasi simpan pinjam, yang bisa membantu masyarakat agar menjadi sejahtera. Penelitian ini membuat masyarakat menjadi produktif, mandiri dengan menumbuhkan kesadaran agar masyarakat mau mengembangkan potensi yang ia miliki, dengan melalui program dan kegiatan LPM dapat membuat masyarakat yang berkualitas dan menjadikan hidup mereka lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM); kesejahteraan; ekonomi;
Subjects: Econmics
Econmics > Research Methods of Economic
Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: budi sihabuddin
Date Deposited: 20 Dec 2018 08:40
Last Modified: 20 Dec 2018 08:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17634

Actions (login required)

View Item View Item