Proses kegiatan publikasi program Pusat Pelayanan Terpadu Kesehatan Haji dan Umroh melalui 4 steps public relations: analisis deskriptif kualitatif pada Humas Rumah Sakit Haji Jakarta

Yulianti, Nurhasanah (2018) Proses kegiatan publikasi program Pusat Pelayanan Terpadu Kesehatan Haji dan Umroh melalui 4 steps public relations: analisis deskriptif kualitatif pada Humas Rumah Sakit Haji Jakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Publikasi merupakan salah satu tugas dari seorang praktisi humas. Publikasi adalah kegiatan dimana seorang humas menyebar luaskan informasi perusahaan atau lembaga kepada publik agar publik mendapatkan informasi yang tepat mengenai perusahaan dan tujuan perusahaan dapat tercapai melalui kegiatan publikasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penemuan masalah/pencarian data dan fakta pada publikasi, perencanaan dan pemrograman pada publikasi, mengambil tindakan dan komunikasi pada publikasi, dan kegiatan evaluasi pada publikasi. Peneliti memilih RS Haji Jakarta sebagai subyek penelitian karena usaha RS Haji Jakarta meningkatkan kepercayaan publik melalui kegiatan publikasi dan berinovasi memberikan pelayanan terbaik salah satunya dengan meresmikan program ini. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme merupakan perkembangan kognitif yang menekankan pada pemahaman mahasiswa terhadap penelitian yang di telitinya. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena yang terjadi secara alamiah. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif karena peneliti ingin mendeskripsikan atau menggambarkan fakta-fakta atau kejadian yang tampak sebagaimana adanya di tempat penelitian. Peneliti mengawali dari menelaah penelitian terdahulu dan landasan konseptual yang memiliki keterkaitan serta relevansi dengan penelitian yang akan di lakukan sehingga peneliti mendapat rujukan tambahan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan konsep 4 Steps Public Relations Hasil penelitian menunjukan bahwa humas RS Haji Jakarta melakukan kegiatan publikasi dengan proses operasional Public Relations (4 Step Public Relations), pada tahapan Defining Public Relations Problem humas melakukan pengumpulan data travel, menentukan bahan publikasi, koordinasi, sponsorship, pengajuan proposal kegiatan. Tahapan Planning and Programming humas menentukan dan memahami tujuan dan target dalam publikasi lalu melakukan proses perencanaan seperti planning tema dan desain grafis untuk publikasi. Tahapan Taking Action and Communicating humas menentukan bentuk publikasinya dan penggunaan media dalam publikasinya serta sasaran komunikasinya. Tahapan Evaluations humas melihat respon masyarakat yang semakin baik, melihat kunjungan publik P2TKHU yang meningkat, dan melakukan upaya peningkatan kualitas publikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Publikasi; Public Relations; 4 Steps Public Relation
Subjects: General Serial Publications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nurhasanah Yulianti
Date Deposited: 21 Dec 2018 09:18
Last Modified: 21 Dec 2018 09:18
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17653

Actions (login required)

View Item View Item