Upaya meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa melalui model pembelajaran cooperative learning tipe kartu arisan: penelitian tindakan kelas di Kelas V MIS Hegarmanah Kabupaten Ciamis

Andiliani, Tri (2017) Upaya meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa melalui model pembelajaran cooperative learning tipe kartu arisan: penelitian tindakan kelas di Kelas V MIS Hegarmanah Kabupaten Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan yang terjadi di kelas V MIS Hegarmanah Kabupaten Ciamis, bahwasanya pembelajaran masih menggunakan metode konvensional yang mengakibatkan siswa menjadi pasif dan bosan dalam mengikuti pembelajaran sehingga berpengaruhi pada rendahnya keterampilan menulis puisi siswa dan siswa belum mencapai KKM yang sudah ditetapkan MIS Hegarmanah yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis puisi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe kartu arisan, proses penerapan model pembelajaraan cooperative learning tipe kartu arisan pada pembelajaran menulis puisi pada setiap siklus, serta keterampilan menulis puisi siswa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe kartu arisan di kelas V MIS Hegarmanah Kabupaten Ciamis pada setiap siklusnya. Model pembelajaran cooperative learning tipe kartu arisan ini merupakan salah satu pembelajaran kooperatif atau berkelompok, dimana siswa bekerjasama dalam kelompok untuk mendiskusikan kesesuaian jawaban dari setiap pertanyaan yang keluar dari dalam gelas yang telah dikocok oleh guru. Kegiatan ini membuat setiap siswa dalam kelompok ikut berperan aktif dalam mengerjakan tugas dan kegiatan diskusi. Mereka juga tidak menjadi jenuh dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena mereka bermain sambil belajar. Melalui kegiatan bermain tersebut mereka juga akan mudah memahami konsep yang dipelajari. Dengan demikian, hasil belajar pun akan meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas V MIS Hegarmanah Kabupaten Ciamis sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi guru dan siswa beserta lembar tes unjuk kerja untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas guru pada siklus I tindakan pertama sebesar 68,75%, siklus I tindakan kedua sebesar 81,25%, siklus II tindakan pertama sebesar 93,75%, dan siklus II tindakan kedua sebesar 100%. Aktivitas siswa pada siklus I tindakan pertama sebesar 69,2%, siklus I tindakan kedua sebesar 84,6%, siklus II tindakan pertama sebesar 92,3%, dan siklus II tindakan kedua sebesar 100%. Selain itu, nilai rata-rata siswa pada siklus I tindakan pertama sebesar 58,65, siklus I tindakan kedua sebesar 65,77, siklus II tindakan pertama sebesar 74,81, dan siklus II tindakan kedua sebesar 78,27. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe kartu arisan ini dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Puisi; Kartu Arisan; Cooperative Learning;
Subjects: Education > Miscellany of Education
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 01 Jan 2019 03:41
Last Modified: 01 Jan 2019 03:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17657

Actions (login required)

View Item View Item