Respon Masyrakat pedesaan terhadap dakwah da'i pendatang: Studi deskriptif masyarakat kampung santri terhadap dakwah Ustadz Rofiq Mustain RT 02 RW 11 Desa Cilembu Kec. Pamulihan Sumedang

Utami, Widia Astuti (2018) Respon Masyrakat pedesaan terhadap dakwah da'i pendatang: Studi deskriptif masyarakat kampung santri terhadap dakwah Ustadz Rofiq Mustain RT 02 RW 11 Desa Cilembu Kec. Pamulihan Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak .pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat Pedasaan suatu Masyarakat yang hidup disebuah kampung yang jauh dari kehidupan perkotaan yang modern, dimana Masyarakat pedesaan yang mempunyai adat dan kebiasaan yang turun temurun dari nenek moyang, seperti melakukan gotong royong dengan sesama masyarakat yang lainnya. Sehingga ketika menyampaikan Dakwah kepada Masyarakat pedesaan, seorang da’i harus mempunyai bekal ilmu yang cukup agar pada saat menyampaikan dapat dipahami dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan tentang pengertian, perhatian, dan penerimaan Respon Masyarakat Kampung Santri Terhadap Dakwah Ustadz Rofiq Mustain. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Respon Masyarakat pedesaan terhadap Dakwah da’i pendatang apakah dakwah tersebut dapat diterima ataupun ditolak oleh Masyarakat, respon tersebut terdiri dari perhatian, pengertian dan penerimaan. Pemilihan teori dalam Penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. Teori besar yang digunakan adalah teori komunikasi behaviorisme dari Jhon B. Watson (1878-1958). menurutnya teori behaviorisme ini meliputi, termasuk respon atau respon dari rangsangan atau stimulus. Hal yang perlu dilakukan antara stimulus dengan respon pada prilaku manusia. Jika stimulus atau rangsangan yang diterima seseorang telah teramati, maka dapat diprediksikan pula respon dari orang-orang tersebut. Sehingga dalam pengaplikasian teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Respon, yaitu teori S-O-R dari Hovland, Janis, dan Kally dalam buku (Onong Effendy, 2003:132) . Kemudian asumsi teori S-O-R nya adalah perhatian, pengertian, penerimaan. Yang didalamnya terdiri (Stimulus), (Organisme), (Respon). Penelitian ini digunakan dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui observasi, wawancara terstruktur, kuisioner, dan menggunakan data sukender melalui buku-buku, jurnal dan dokumentasi yang relevan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dan juga di dorong oleh metode assosiatif yaitu menggunakan kuesioner diisi oleh responden yang menjadi populasi yang digunakan adalah Masyarakat Kampung Santri dengan menggunakan tehnik random sampling dengan jumlah populasi 150 dan diambil sample 30 sesuai rumus populasi dan sample. dengan menggunakan metode slovin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, pengujian hipotesis yang meliputi uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat Respon Masyarakat Terhadap Dakwah Ustadz Rofiq Mustain adalah sebesar 42.0% sedangkan 58.0% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Dengan ukuran tabel korelation determinasi yaitu rentang antara (40%;80%) berarti keeratan hubungan antara variabel adalah tinggi dengan nilai tabel sebesar 2.052.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Respon; Kampung Santri; Ustadz Rofiq Mustain; Da’i Pendatang
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: widia astuti utami
Date Deposited: 01 Mar 2019 09:26
Last Modified: 01 Mar 2019 09:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17682

Actions (login required)

View Item View Item