Interakasi mahasiswa etnik Betawi dengan etnik Sunda: studi deskriptif di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Yakin, Ainul (2014) Interakasi mahasiswa etnik Betawi dengan etnik Sunda: studi deskriptif di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya hubungan antar etnik yang terjadi pada mahasiswa etnik Betawi dengan etnik Sunda di lingkungan FISIP UIN SGD Bandung yang cukup menarik. Meskipun ada perbedaan-perbedaan antar keduanya, namun hal ini tidak memancing terjadinya konflik, melainkan mengintegrasikan keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan sosial mahasiswa etnik Betawi dengan etnik Sunda di lingkungan FISIP UIN SGD Bandung. (2) Faktor perekat keharmonisan dan penghambat interaksi yang dilakukan oleh mahasiswa etnik Betawi dengan etnik Sunda di lingkungan FISIP UIN SGD Bandung. (3) Dampak dari interaksi mahasiswa etnik Betawi dengan etnik Sunda. Penelitian ini didukung oleh teori-teori yang ada relevasinya dengan masalah yang diteliti, dintaranya adalah teori Interaksi Sosial dan Interaksi Simbolik. Karena kehidupan masyarakat itu dimulai dari sebuah proses sosial, dan di dalam proses sosial, hal yang terpenting adalah interaksi. Interaksi dibangun melalui simbol-simbol yang akan menyebabkan setiap individu membuat perspektif dan menentukan tindakkannya. Selain itu juga penelitian ini menggunakan teori Struktural Fungsional yang membahas mengenai sistem yang berkembang dalam masyarakat dan terutama lebih menekankan proses adaptasi yang ada di dalamnya. Metode penelitian yang dugunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode ini dipandang tepat untuk menganalisis fenomena sosial yang terjadi. Metode penelitian kualitatif adalah cara yang digunakan untuk meneliti langsung pada subjek yang mengalaminya, di mana peneliti sebagai instrumen kunci yang ikut terlibat langsung. Data yang dihasilkan merupakan data deskriptif atau pemaparan, dan data tersebut diambil dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Interaksi mahasiswa etnik Betawi dengan etnik Sunda menuntut terjadinya adaptasi-adaptasi. Proses adaptasi dilakukan bukan hanya oleh mahasiswa etnik Betawi terhadap etnik Sunda, tapi juga sebaliknya. Dalam proses interaksi sosial tersebut terjadi sebuah keharmonisan dilihat dari dua bentuk interaksi, yaitu dalam bentuk kehidupan sehari-hari dan kehidupan berorganisasi. Proses hubungan sosial ini juga mengalami hambatan-hambatan, diantaranya faktor bahasa dan karakter antar kedua etnik. Hubungan antar keduanya juga menghasilkan dampak, baik positif atau pun negatif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses interaksi mahasiswa etnik Betawi dengan etnik Sunda yang terjadi di lingkungan FISIP UIN SGD Bandung menunjukkan, (1) interaksi yang terjadi antar keduanya menuntut adanya adaptasi. (2) Interaksi yang berjalan secara terus menerus berimplikasi pada sebuah keharmonisan. (3) Hubungan yang terjadi antar keduanya menghasilkan dampak-dampak tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Mahasiswa; Etnik Betawi; Etnik Sunda;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 31 Dec 2018 02:13
Last Modified: 31 Dec 2018 02:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17725

Actions (login required)

View Item View Item