Pengaruh teknik mind-mapping terhadap keterampilan berpikir kritis (KBKr) siswa dalam sub materi pokok ekosistem: penelitian pada siswa kelas VII MTsN Kasomalang Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang

Oktaviani, Anggi (2014) Pengaruh teknik mind-mapping terhadap keterampilan berpikir kritis (KBKr) siswa dalam sub materi pokok ekosistem: penelitian pada siswa kelas VII MTsN Kasomalang Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (973kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)

Abstract

Teknik pembelajaran adalah salah satu cara yang dapat membantu untuk melaksanakan proses belajar yang diharapkan dapat meningkatkan KBKr siswa sehingga dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapai. Proses pembelajaran yang banyak dipakai pada saat ini yaitu dengan cara ceramah yang hanya sekedar proses penyampaian materi dari guru kepada siswa sehingga siswa akan cepat merasa jenuh, selain itu materi yang sangat banyak tidak akan sepenuhnya dikuasai oleh siswa. Oleh sebab itu, pembelajaran dengan teknik Mind-Mapping merupakan salah satu solusi tepat yang dapat digunakan dalam pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan KBKr, pengaruh dan respon siswa pada sub materi pokok ekosistem dengan menggunakan teknik Mind-mapping dan tanpa menggunakan teknik Mind-mapping. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VII MTsN Kasomalang Jalancagak Subang. Populasi dua kelas yaitu kelas VIIC dan VIID dengan jumlah siswa masing-masing kelas 42 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan angket. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa KBKr siswa pada sub materi pokok ekosistem dengan menggunakan teknik mind-mapping diperoleh nilai rata-rata N-Gain 0,24 dengan kualifikasi rendah dan indikator KBKr tertinggi terdapat pada mengidentifikasi asumsi. Sedangkan pada kelas tanpa menggunakan teknik pembelajaran Mind-mapping diperoleh nilai rata-rata N-Gain 0,20 dengan kualifikasi rendah dan indikator KBKr tertinggi terdapat pada mengidentifikasi kriteria untuk menentukan jawaban yang mungkin. Hasil uji Mann-Whitney pada N-Gain diperoleh Zhitung 2,27 > Ztabel 1,66 pada taraf signifikansi 5%. Keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan teknik Mind-Mapping diperoleh nilai rata-rata 88,53% untuk aktivitas guru dan 94,07% untuk aktivitas siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan teknik Mind Mapping diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,58%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh teknik Mind-Mapping terhadap KBKr siswa dinyatakan positif, signifikan dan hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik Mind Mapping; Keterampilan Berpikir Kritis; Ekosistem;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Biology > Statistical Methods of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 31 Dec 2018 02:28
Last Modified: 31 Dec 2018 02:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17726

Actions (login required)

View Item View Item