Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap keterampilan berfikir kritis (KBKr) siswa pada sub materi alat indra: penelitian pada siswa kelas XI SMA Negri 9 Garut Semester II Tahun Ajaran 2013/2014

Nuraeni, Ani (2014) Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap keterampilan berfikir kritis (KBKr) siswa pada sub materi alat indra: penelitian pada siswa kelas XI SMA Negri 9 Garut Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (730kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

Peserta didik seringkali mengalami kebosanan dalam proses pembelajaran, hal tersebut terjadi karena model yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang bervariasi, dan guru lebih mendominasi dalam setiap proses pembelajaran. Model pembelajaran PBL merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis. Model pembelajaran PBL melibatkan siswa dalam suatu permasalahan dan menjadikan mereka sebagai partisipan aktif dalam pemecahan masalah. Dalam berfikir kritis siswa dituntut untuk menguji keandalan gagasan pemecahan masalah dan mengatasi kesalah dan kekurangan. Adapun tujuan dalam penelitian untuk mengetahui keterlaksanaan proses belajar siswa dengan menggunakan model PBL, mengetahui peningkatan KBKr siswa pada pembelajaran alat indra menggunakan model PBL, mengetahui peningkatan KBKr siswa pada pembelajaran alat indra tanpa model PBL, mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL terhadap KBKr siswa dalam pembelajaran alat indra, mengetahui respon siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model PBL. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi-Eksperiment design, sampel pada penelitian ini diambil secara purposive sampling. Adapun populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 9 Garut. Alat pengumpul data berupa essay. Instrument test yang telah diujicobakan terlebih dahulu. Data uji coba maupun data yang diperoleh dari hasil penelitian yang dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berfikir kritis siswa pada materi alat indra dengan menggunakan model PBL memiliki nilai rata-rata sebesar 88,51 sedangkan KBKr siswa pada materi alat indra tanpa menggunakan model PBL memiliki rata-rata 87,15. Hasil uji mann-whitney tes akhir diperoleh Zhitung> Ztabel, yaitu 1,0 > 1,66 Maka Ha diterima dan H0 ditolak. Tanggapan siswa menyatakan model pembelajaran PBL menyenangkan dan berdampak positif, yaitu memiliki rata-rata 3,60. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan dalam KBKr siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan kelas tanpa menggunakan model pembelajaran PBL. Dengan demikian, penggunaan model PBL berpengaruh positif terhadap KBKr siswa pada materi alat indra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL); Keterampilan Berfikir Kritis (KBKr); Alat Indra;
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 31 Dec 2018 02:39
Last Modified: 31 Dec 2018 02:39
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17727

Actions (login required)

View Item View Item