Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi ekosistem: penelitian pre-experimental design di kelas VII SMP Triyasa Ujungberung Bandung

Inayah, Inayah (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi ekosistem: penelitian pre-experimental design di kelas VII SMP Triyasa Ujungberung Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

Dari hasil observasi di sekolah menunjukan kurang efektifnya pembelajaran serta rendahnya keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Telah berbagai strategi pembelajaran diterapkan, akan tetapi proses pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang pandai, sementara siswa yang berkemampuan sedang dan rendah tidak memperlihatkan partisipasinya dalam proses pembelajaran. Maka diperlukan adanya pemilihan model pembelajaran yang tepat. Salah satu yang menjadi alternatif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan berbentuk one group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Triyasa Ujungberung yang terdiri dari 6 kelas, sampel yang diteliti sebanyak 1 kelas yaitu kelas VII D yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan lembar observasi aktivitas guru, siswa dan tes. Pengolahan hasil penelitian dilakukan dengan analisis data meliputi uji normalitas, uji Z dan N-gain. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, nilai rata-rata N-gain yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing adalah 0,41 termasuk kategori sedang, dan keterlaksanaan proses pembelajaran dengan model Snowball Throwing 86% terlaksana. Sedangkan hasil Uji hipotesis yaitu -1,50 >-1,65 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat membantu memahami materi ekosistem sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi ekosistem. Dengan demikian hasil belajar kognitif siswa lebih baik, kerjasama kelompok dalam pembelajaran dapat membangkitkan semangat belajar siswa dalam menyampaikan pendapat dan berbagi informasi dengan temannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe Snowball Throwing; Ekosistem;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 31 Dec 2018 05:09
Last Modified: 31 Dec 2018 05:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17747

Actions (login required)

View Item View Item