Layanan bimbingan dan konseling dalam menanggulangi masalah pribadi sosial santri: penelitian di Asrama Al-Uswah Pondok Pesantren Cipasung

Safitri, Aulia (2017) Layanan bimbingan dan konseling dalam menanggulangi masalah pribadi sosial santri: penelitian di Asrama Al-Uswah Pondok Pesantren Cipasung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER SKRIPSI.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I NEW.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)

Abstract

Setiap individu memiliki kemampuan dalam penyesuaian sosial namun pelaksanaanya individu terkadang mengalami kesulitan, kesulitan dalam melakukan penyesuaian sosial juga terjadi pada santri yang memasuki lingkungan sekolah baru. Santri yang baru memasuki sekolah menengah akan mengalami beberapa perubahan yang cukup signifikan, sekolah menengah mempunyai situasi yang kompleksitas sosial yag berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui bagaimana program layanan bimbingan konseling terhadap masalah pribadi sosial santri yang meliputi penyesuaian diri, menghadapi konflik, dan pergaulan bagi santri yang duduk di kelas X SMA yang tinggal di Asrama Al-Uswah. Kedua untuk mengetahui proses layanan bimbingan konseling terhadap masalah pribadi sosial santri. Ketiga, untuk mengetahui hasil layanan bimbingan konseling terhadap masalah pribadi sosial santri yang meliputi penyesuaian diri, menghadapi konflik, dan pergaulan. Penelitian ini mengacu kepada teori bimbingan dan konseling Lilis Satriah 2016. Bimbingan dan konseling adalah proses pemberian bantuan kepada siswa atau individu atau suatu kelompok yang dilakukan oleh seorang konselor untuk membantu dalam menyelesaikan masalah klien, agar dapat memahami dirinya, menentukan pilihanya dan dapat menyesuaikan dirinya sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitiatif, dengan mengumpulkan data dan informasi melalui wawancara, observasi, dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis oleh penulis dengan cara mendeskripsikan hasil metode layanan bimbingan konseling dan segala informasi yang diterima dari informan dengan data yang dibutuhkan. Kemudian penulis menyimpulkan informasi tersebut untuk menjawab tujuan penelitian. Hasil dari bimbingan konseling di asrama Al-Uswah adalah bahwa proses layanan bimbingan konseling dapat dirasakan manfaatnya oleh santriyah yang mendapatkan layanan tersebut. Hal ini menjadikan layanan bimbingan konseling memiliki peranan penting dalam mengatasi masalah pribadi sosial santri khusunya dalam penyesuaian diri santriyah. Sedangkan dalam menanggulangi permasalahan konflik dengan layanan bimbingan konseling di asrama Al-Uswah hasil yang dapat terlihat pada santriyah yaitu santriyah mampu untuk menerima, memahami dan menghadapi konflik secara bijak, dikarenakan bimbingan dan motivasi yang diberikan oleh pembimbing.Dan dalam mengatasi masalah pergaulan bimbingan konseling dapat membantu para santriyah untuk memiliki pergaulan yang baik antar santriyah dan menghindarkan para santriyah dari terjadinya konflik pergaulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling; Pribadi Sosial; Santri;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 31 Dec 2018 07:48
Last Modified: 31 Dec 2018 07:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17750

Actions (login required)

View Item View Item